Buat yang Ingin Melakukan Perjalanan ke Kampung Halaman, Berikut 10 Tips Mudik Aman dan Sehat

Buat yang Ingin Melakukan Perjalanan ke Kampung Halaman, Berikut 10 Tips Mudik Aman dan Sehat

Ilustrasi - Sejumlah penumpang yang ingin mudik lebaran di Terminal Kalideres, Jakarta Barat.--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Bagi para perantau, Hari Raya Idul Fitri menjadi momen untuk dapat berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Untuk masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke kampung halaman, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo membagikan 10 tips mudik aman, sehat.

(BACA JUGA:Mudik Lebaran 2022 Pakai Kendaraan Pribadi? Cek Tipsnya di Sini)

Menurut dia, bila masyarakat menerapkan 10 tips mudik ini, maka akan merasakan pulang ke kampung halaman dalam kondisi tenang dan bahagia.

"Yang pertama, pastikan rumah ditinggal mudik dalam keadaan terkunci," kata Dedi kepada wartawan di Jakarta, Sabtu, 23 April 2022.

Kedua, jangan lupa untuk menginformasikan kepada tetangga atau kerabat dekat yang tidak melakukan mudik Lebaran.

(BACA JUGA:Polda Metro Jaya Tegaskan Tilang Elektronik di Tol Tetap Berlaku Selama Musim Mudik Lebaran 2022)

"Tips ketiga, masyarakat juga bisa memberikan informasi ke Bhabinkamtibmas untuk didata."

"Keempat, jika masyarakat menggunakan kendaraan pribadi saat mudik, jangan lupa untuk mengeceknya demi keselamatan saat di jalan," sambungnya.

Selanjutnya, tips kelima, apabila masyarakat menggunakan kendaraan umum, pastikan hanya membawa barang yang diperlukan. Hindari untuk membawa barang berharga yang berlebihan.

(BACA JUGA:Jasa Marga Bidik Peningkatan Pendapatan Tol 27,3 persen, Sepanjang Periode Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022)

Lalu keenam, untuk memastikan adanya kekebalan dan imunitas terhadap COVID-19 saat mudik, warga diimbau untuk melengkapi vaksinasi hingga dosis III atau booster (penguat).

Lalu yang ketujuh, bagi pemudik yang menggunakan mobil pribadi diharap untuk cakap berkendara dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas di sepanjang perjalanan.

"Saat berkendaraan patuhi rambu-rambu lalu lintas. lstirahatlah di rest area yang ada bila terasa lela, guna menghindari kecelakaan," kata Dedi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: