Jangan Suka Cabut Pasang Kulkas, Ini Efeknya, Harus Tau

Jangan Suka Cabut Pasang Kulkas, Ini Efeknya, Harus Tau

Kulkas, Image oleh valenaammon dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Untuk alasan yang hanya Anda tau, Anda memiliki kebiasaan mencabut kulkas lalu memasangnya kembali.

Sebagian orang melakukannya untuk menghindari turunnya listrik, karena penggunaan perangkat elektronik tertentu, yang membutuhkan listrik tinggi dengan penggunaan singkat.

Pertanyaannya, apa efeknya terhadap kulkas jika Anda memiliki kebiasaan cabut pasang?

(BACA JUGA:Jangan Salah! AC Rumah yang Tidak Lagi Dingin Bukan Berarti Freonnya Bocor)

Menurut ahli, via Smart Kitchen Improvement (SKI), kebiasaan cabut pasang kulkas dapat berdapak pada kompresor dari kulkas yang Anda gunakan itu.

Kebiasaan orang mencabut lalu memasangnya terlalu cepat, dapat menyebabkan kompresor kulkas lebih rentan mengalami kerusakan.

Jika pun harus mencabutnya, SKI menganjurkan untuk memberi jarak lima belas menit sebelum kembali mencoloknya ke sumber listrik.

Bagaimana jika Anda mencabut kulkas untuk Waktu yang Lama?

Pada kasus yang satu ini, dampak negatifnya menurut SKI, adalah pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme yang tidak diinginkan.

Ketika suhu bagian dalam kulkas meningkat, di tambah dengan kelembaban yang juga ikut naik, maka hal itu sulit untuk dihindari, terlebih ketika pintunya dibiarkan tertutup.

Efeknya adalah aroma tidak sedap yang dikeluarkan bagian dalam kulkas Anda. Punya kulkas yang bau? Anda kini tau penyebabnya.

Perangkat Elektronik Rumahan yang Tidak Perlu Dicabut

WiFi router adalah perangkat elektronik paling umum di masa modern ini. Tanpanya, Anda akan kesulitan untuk menjalankan keseharian Anda, terlebih jika banyak perangkat pintar di dalam rumah.

Namun yang jadi pertanyaan, perlukah Anda membiarkan router WiFi Anda menyala seharian, atau haruskah Anda mematikannya sesekali?

Jawabnya menurut Gizbuyer Guide adalah bahwa router WiFi sudah didesain untuk dibiarkan dalam keadaan menyala.

Akan tetapi, mematikannya setiap beberapa bulan, dapat membantu masalah konektivitas dan performa speed internet Anda.

Jika mematikannya sesekali, tidak terlalu sering, mungkin tidak akan berdampak buruk terhadap perangkat Anda, namun terlalu sering melakukannya tidaklah dianjurkan.

Terlalu sering mematikan dan menyalakan router WiFi menurut beberapa kasus, dapat memperpendek usia router itu sendiri.

Namun pada kasus router lama, membiarkannya dalam keadaan terus menyala mungkin bukan ide yang baik, terlebih jika Anda menyadari ada peningkatn suhu tak wajar pada perangkat yang Anda gunakan.

Router yang overheating menurut pakar, dapat menyebabkan tidak hanya masalah koneksi, namun juga performa speed yang menurun.

Kalau sudah begini, mungkin waktu yang tepat bagi Anda untuk menggantinya dengan yang baru.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: