Airlangga Kasih Lampu Hijau Lebaran 2022, Masyarakat Silakan Halal Bihalal

Airlangga Kasih Lampu Hijau Lebaran 2022, Masyarakat Silakan Halal Bihalal

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto didoakan menjadi Presiden Indonesia-dok-Golkar

JAKARTA, FIN.CO.ID — Pemerintah menegaskan sudah mengizinkan masyarakat menggelar kegiatan selama Ramadan dan Idulfitri 2022.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sudah memberi lampu hijau jika masyarakat ingin melakukan kegiatan ibadah dan perayaan Ramadhan serta Lebaran, termasuk halal bihalal.

(BACA JUGA:Karyawan Rumah Makan di Bekasi Pasang tabung Gas, Ternyata Bocor, 4 Pegawainya Alami Luka Bakar)

Namun, kegiatan tersebut harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Alia Karenina menuturkan, pemerintah memahami keinginan masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Hal itulah yang menjadi pertimbangan pemerintah mengizinkan kegiatan masyarakat sedikit dilonggarkan.

“Baik mudik atau kegiatan berkumpul bersama dengan kerabat dan sanak saudara. Tetapi, tentunya kita tetap memerlukan antisipasi dalam rangka pengendalian pandemi,” tutur Alia dalam keterangan, Selasa, 19 April 2022. 

Ia menegaskan, penerapan prokes tetap dibutuhkan untuk mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19. Sebab, sampai saat ini, meskipun trennya menurun, penularan Covid-19 masih terjadi di Indonesia.

(BACA JUGA:Anies Bakal Pantau Penambahan Tiket Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta, Ini Link Pendaftarannya dan Jadwalnya)

Menurut Alia, penerapan prokes secara disiplin perlu dilakukan dalam kegiatan yang melibatkan orang banyak. Misalnya, makan bersama saat buka puasa bersama, atau halal bihalal saat Idulfitri.

Alia mengimbau, untuk kegiatan halal bihalal dengan jumlah peserta di atas 100 orang, tidak ada hidangan makanan dan minuman yang disajikan di tempat (secara prasmanan). Kalau ada makanan atau minuman agar dikemas dalam kemasan, dan makanan atau minuman bisa dibawa pulang.

Pemerintah mengingatkan, agar masyarakat tetap waspada. Terutama saat melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang. 

"Kita harus tetap waspada, terutama saat sedang melakukan kegiatan dan acara yang melibatkan banyak orang dan berkumpul bersama, serta acara yang diselenggarakan di tempat umum," ujar Alia.

(BACA JUGA:PKS Prediksi Mudik Lebaran 2022 Macet Parah dan Kecelakaan Lalu Lintas Meningkat)

Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sudah menegaskan pemerintah mengizinkan masyarakat melakukan perayaan Lebaran tahun ini dengan halal bihalal.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: