Cak Imin Usul Tunda Pemilu untuk Bantu Ma'ruf Amin di Akhirat, Begini Respon Jubir Wapres

Cak Imin Usul Tunda Pemilu untuk Bantu Ma'ruf Amin di Akhirat, Begini Respon Jubir Wapres

Wakil Presiden Ma'ruf Amin.-Dok. FIN-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Juru bicara Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi menanggapi pernyataan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang menyebut penundaan Pemilu 2024 untuk membantu Ma'ruf Amin di akhirat nanti.

Masduki Baidlowi mengatakan, apa yang disampaikan Cak Imin itu di forum internal warga Nahdatul Ulama (NU), yang mana di sana juga ada Ma'ruf Amin. Sehingga ada guyonan.

"Jadi dalam tradisi NU itu, sudah ketemu begitu, itu pertama biasanya ada tradisi yang menjadi suasananya longgar, guyon. Tradisi itu tidak akan pernah hilang di kalangan Nahdlatul Ulama. Guyon dalam hal-hal yang sebenarnya, ya kadang-kadang agak berbau nuansa politis," kata Masduki  lewat keterangan tertulisnya, Selasa 19 April 2022. 

Berikutnya kata Masduki Baidlowi, bahwa Wapres Ma'ruf Amin tidak pernah berbicara terkait niat penundaan pemilu atau jabatan 3 periode. Sebab wacana itu telah ditolak oleh Jokowi. 

(BACA JUGA:Heboh! Usul Tunda Pemilu 2024, Cak Imin: Saya Menolong Kiai Maruf Amin di Akhirat... )

"Pak Jokowi juga sudah menyatakan berulang-ulang. Bahkan yang terakhir menyatakan seperti itu, menyatakan bahwa tidak ada niatan dari Presiden ataupun Wakil Presiden untuk melakukan pengubahan menjadi 3 periode, ingin menjabat 3 periode, itu nggak ada, tidak pernah ada pembicaraan itu," katanya. 

"Kalau kemudian Cak Imin berwacana ya silakan saja. Tetapi, ya saya kira itu ndak ada urusannya dengan Wapres, ndak ada urusannya sama Wapres. Wapres tetap pada konsisten dengan apa yang selama ini dia bicarakan dan melangkah sesuai aturan-aturan, konstitusi, yang memang harus dia jalani," ucapnya.

Sebelumnya, Cak Imin mengatakan bahwa usulan penundaan Pemilu 2024 tersebut untuk membantu Kiai Maruf Amin di akhirat kelak.

(BACA JUGA:Teroris KKB Papua Terus Berulah, Maruf Amin: Kita Utamakan Kesejahteraan)

"Saya itu usul dalam rangka menolong Kiai Maruf. Dalam rangka menolong rakyat. Kenapa menolong Kiai Maruf? Supaya nanti di akhirat kalau ditanya kurang ini itu, mesti alasannya karena dua tahun pandemi, nggak bisa apa-apa," kata Cak Imin dalam Peringatan Harlah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PMII ke-62 di Jakarta, seperti dikutip FIN dari chanel Youtube NU Channel pada Senin 18 April 2022.

Dia mengatakan bahwa pandemi COVID-19 benar-benar menghentikan hampir semua aktivitas. 

"Dua tahun stag nggak ngapa-ngapain tho. Kita pertemuan aja susah kan. Anggaran di DPR habis untuk ngurusin pandemi. IKN belum tergarap sama sekali gara-gara dua tahun. Iya wajar kalau ada usulan itu. Tapi kalau ditolak juga nggak apa-apa. Namanya juga usulan. Saya berterima kasih karena di alam demokrasi ini bebas usul, bebas menolak," paparnya.

"Dikatakan yang namanya usulan tidak perlu didemo. Sebab, hanya sebatas usulan saja," katanya lagi.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: