Anda Wanita dan Ada Sehelai Rambut Tebal Tumbuh di Wajah, Normal atau Tidak?

Anda Wanita dan Ada Sehelai Rambut Tebal Tumbuh di Wajah, Normal atau Tidak?

Rambut tumbuh di Wajah, Image oleh Szilárd Szabó dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda menyadari ada sehelai atau dua helai rambut tumbuh di area wajah Anda, dan bukan rambut halus, akan tetapi rambut dengan ketebalan seperti rambut di area kepala Anda.

Pertanyaannya, apakah yang menyebabkan rambut tumbuh secara acak, dan letaknya di area wajah?

Apakah kondisi ini berbahaya dan menandakan ada masalah kesehatan, yang mungkin tidak Anda sadar?

(BACA JUGA:Apa Itu Alopecia Areata, Kondisi yang Sebabkan Rambut Istri Will Smith Rontok)

Jawabnya menurut dr. Talitha Najmillah Sabtiari, hal ini sebernya terbilang wajar terjadi, dan tidak menandakan sesuatu yang serius.

"Di bawah lapisan kulit, terdapat folikel rambut yang memfasilitasi pertumbuhan rambut. Folikel rambut ini memiliki karakteristik dan variasi yang berbeda-beda, di mana variasi tersebut dipengaruhi oleh faktor genetik dan hormonal," kata dr. Talitha seperti dikutip FIN dari Alodokter.

"Sehingga, seringkali Anda dapat menemukan salah satu rambut yang karakteristiknya berbeda dengan rambut Anda pada umumnya, dan hal tersebut merupakan hal yang wajar," jelasnya.

Cara Menghilangkan Rambut Tumbuh di Wajah

Karena tidak membahayakan, maka cara menghilangkan rambut yang tumbuh di wajah, kata dr. Talitha, adalah seperti penangan rambut pada umumnya.

"Misalnya dengan mencukurkan secara rutin, atau melakukan metode lain untuk menghilangkan rambut tersebut," tambahnya.

Selain itu, mereka yang mengalami rambut tumbuh di wajah, dapat mengkonsultasikan kondisi mereka dengan dokter spesialis kulit.

"Dokter (spesialis kulit) akan melakukan evaluasi lebih lanjut terkait dengan kondisi Anda, dan memberikan terapi yang sesuai," ujarnya menyarankan.

Fobia Rambut Tanggal

Taukah Anda jika di dunia ini ada fobia aneh bernama trikofobia?  

Menurut Healthline, mereka dengan kondisi ini memiliki ketakutan terhadap rambut, kala melihat rambut yang putus atau tangggal, seperti rambut yang menempel di baju, atau tubuh orang.

Ya, melihat rambut yang demikian, menurut ahli dapat membuat mereka mengalami gejala khas.

Detak jantung yang meningkat, tubuh berkeringat, tekanan darah melonjak, gemetaran, hingga mual-mual adalah beberapa cirinya.  

Di luar gejala fisik di atas, fobia ini dapat membuat penderitanya mengalami serangan panik, hilang kendali, hingga membuat merasa hilang kesadarannya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: