Apa Itu Alopecia Areata, Kondisi yang Sebabkan Rambut Istri Will Smith Rontok

Apa Itu Alopecia Areata, Kondisi yang Sebabkan Rambut Istri Will Smith Rontok

Will Smith Minta Maaf pada Chris Tucker, Courtery of A.M.P.A.S. 2022--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Istri Will Smith, Jada Pinkett sempat terbuka soal kondisi kesehatannya. Pada 2018 lalu, Jada Pinkett buka-bukaan soal alopecia yang diidapnya.

Alopecia, kondisi yang menyebabkan rontoknya rambut aktris itu, kini ramai dibicarakan.

Pertanyaannya, apakah alopecia itu dan apa yang menyebabkannya?

(BACA JUGA:Will Smith Minta Maaf soal Dirinya Menampar Chris Rock di Panggung Oscar 2022, P Diddy Bilang Gini)

Nama lengkap kondisi ini sendiri adalah alopecia areata. Adalah penyakit autoimune yang menyerang folikel rambut.

Akibatnya, mereka yang menderita alopecia areata mengalami rambut rontok.

Tidak hanya terjadi di rambut kepala, alopecia areata dapat menyebabkan rontoknya alis, bulu mata dan rambut di area wajah dan bagian tubuh lainnya.

Rambut rontok akibat kondisi ini, bisa berkembang secara perlahan, dan baru muncul beberapa tahun setelah pertama kali diidentifikasi.

Ketika rambut atau bulu pada tubuh rontok secara keseluruhan, kondisi ini disebut dengan nama  alopecia universalis, dan terjadi secara permanen.

Meski pun rambut pada akhirnya tumbuh, namun pada suatu titik, akan kembali terlepas dari akarnya alias rontok lagi. Durasi rambut rontok dan tumbuh kembali ini menurut ahli, berbeda antara orang satu dan lainnya.

Dunia medis sendiri belum mampu menciptakan obat bagi Alopecia areata. Kendati demikian, ada perawatan yang mampu memperlambat proses kerontokan.

Perawatan ini juga mampu membantu penderita kondisi ini, untuk menumbuhkan kembali rambut mereka secara cepat.

Meski begitu, perawatan rambut rontok untuk penderita alopecia areata terkadang tidak seperti yang diharapkan, dengan kondisi rambut justru memburuk.

Will Smith Bikin Heboh Oscar 2022 Usai Tampar Chris Rock

Aktor Hollywood Will Smith jadi trending topik, bukan hanya karena ia menang Oscar, namun lantaran dirinya menampar Chris Rock di ajang Oscar 2022.

Tidak terima dengan guyonan komedian, yang menjadikan istrinya sebagai materi lelucon itu, terkait dengan kondisi rambutnya, Will Smith kemudian naik ke atas panggung, dan menampar kiri Chris Rock.

Menyebut potongan rambut istrinya, Jada Pinkett, mirip dengan G.I. Jane, Will Smith yang sebelumnya terlihat sempat tertawa di bangku undangan, secara tiba-tiba merangsek naik atas panggung, dan mengagetkan seluruh dunia.

Dengan tanpa basa-basi, peraih Aktror Terbaik Oscar ke-74 itu, menampar wajah Chris Rock yang terlihat shock namun tetap cool menanggapinya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: