Pemudik Bekasi Lebih Pilih Naik Kereta Api Ketimbang Pesawat, Ternyata Ini Penyebabnya

Pemudik Bekasi Lebih Pilih Naik Kereta Api Ketimbang Pesawat, Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi - Penumpang Kereta Api Jarak Jauh di Stasiun-Istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID - Pemesanan tiket pesawat untuk mudik lebaran 2022 melalui Travel Agent di Kota Bekasi masih cenderung sepi dan belum ada peningkatan.

Hal itu berbeda dengan pemesanan tiket Kereta Api (KA) Jarak Jauh yang jumlahnya mengalami peningkatan. 

(BACA JUGA:Tol Trans Jawa Diduga Jadi Penyebab Sepinya Pembelian Tiket Pesawat di Travel Agent Bekasi)

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) ASTINDO (Asosiasi Travel Agent Indonesia) Jawa Barat, Joseph Sugeng Irianto kepada Fin.co.id, Senin 18 April 2022. 

"Kalo sampai dengan saat ini pemesanan tiket kereta api cenderung naik, sudah dari dua minggu yang lalu. Tapi kalo pesawat cenderung masih rendah, lebih banyak yang pesan tiket kereta melalui travel agent," ungkap Joseph.

Menurutnya, saat ini para konsumen lebih memilih mudik dengan kereta api dibandingkan pesawat dikarenakan faktor harga yang relatif lebih terjangkau.

"Untuk saat ini memang yang utama kereta sudah lebih nyaman banget ya, kemudian cepat dan terus harga juga relatif lebih terjangkau bisa bareng bareng sekeluarga satu gerbong," ungkapnya.

(BACA JUGA:'Tersengat' Inflasi Amerika, IHSG Sepekan Kedepan Berpotensi Melemah Terbatas)

Selain itu masalah harga juga sangat mempengaruhi para konsumen travel, harga tiket maskapai penerbangan untuk mudik 2022 sudah tidak lagi menjual harga batas bawah namun sudah menjual dengan harga batas atas.

"Kalo untuk tiket pesawat itu kan Subclasses (Harga Atas, Harga Menengah & Harga Kebawah) dan saat ini pembelinya sudah mulai tinggi jadi yang di jual harga yang kelas keatas," jelasnya.

Joseph menjelaskan memang para konsumen travel agent di Jawa Barat dan khususnya Kota Bekasi yang memesan tiket kereta api lebih banyak untuk keluarga, maka para konsumen sudah tidak memikirkan bagasi yang banyak jika naik kereta api dibandingkan pesawat. (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: