Terungkap Penyebab Kebakaran dan Kematian 7 Korban Kebakaran di Samarinda

Terungkap Penyebab Kebakaran dan Kematian 7 Korban Kebakaran di Samarinda

Mobil Triton bekas terbakar setelah menabrak lapak bensin eceran dan teras ruko yang menyebabkan tiga ruko di Samarinda terbakar, Minggu (17/4/2022) -M Ghofar-ANTARA

SAMARINDA, FIN.CO.ID - Polisi akhirnya mengungkap penyebab kebakaran rumah toko bensin eceran di Samarinda, Kalimantan Timur.

Polisi juga membeberkan penyebab kematian tujuh korbannya.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli mengungkapkan penyebab terjadinya kebakaran di Jalan Abdul Wahab Syahranie, Kecamatan Samarinda Ulu, pada Minggu, 17 April 2022 pukul 4.45 WITA akibat percikan api mobil yang menabrak rumah tersebut.

(BACA JUGA:Fakta-Fakta Kebakaran yang Tewaskan 7 Orang dalam Satu Keluarga di Samarinda)

"Sementara dari hasil identifikasi kebakaran disebabkan dari percikan api kendaraan yang mengalami kecelakaan di depan bangunan yang menjual bensin eceran itu dan tim masih berkoordinasi dengan Labfor," ungkapnya, Minggu, 17 April 2022.

Diakuinya, pihaknya telah meninjau lokasi kebakaran untuk fokus menyelamatkan para korban, memadamkan api, melaksanakan identifikasi awal dan mengumpulkan keterangan saksi-saksi.

"Pemeriksaan visum tujuh orang meninggal dunia karena kesulitan bernafas, sedangkan satu korban lagi kritis. Sudah kita evakuasi dan kita amankan," jelasnya.

(BACA JUGA:Ditabrak Mobil, Tujuh Orang dalam Satu Keluarga Tewas Terbakar dalam Kios Bensin di Samarinda)

Terpisah Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda Hendra AH mengatakan diduga korban tak mampu menyelamatkan diri akibat pintu ruko yang terkunci dari luar.

"Bapak pemilik toko sembako, dini hari tadi belanja ke pasar dan pintu ruko dikunci dari luar, sehingga ketika terjadi kebakaran, penghuni ruko tidak bisa ke luar," ujarnya.

Dia pun menyayangkan ruko tersebut tidak dilengkapi pintu darurat atau pintu belakang, sehingga ketika api berkobar di bagian depan, maka penghuni tidak memiliki akses untuk menyematkan diri.

Untuk menghindari hal serupa terulang, ia mengimbau kepada semua pemilik ruko melengkapi pintu lain untuk evakuasi jika terjadi musibah.

Sementara Berdasarkan keterangan salah satu saksi, Sumarlani, menyebutkan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 04.35 WITA.

Sumarlani juga mengaku mendengar suara mobil mengerem di depan ruko tempat kejadian, di mana sebuah mobil double cabin putih Strada menabrak pagar besi rumah kemudian masuk parit dan menabrak botol bensin yang dijual eceran sehingga mengakibatkan percikan api dan menyambar bangunan yang ada di tempat kejadian perkara (TKP).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: