Cara Mendapatkan Remisi Diabetes

Cara Mendapatkan Remisi Diabetes

Diabetes, Image Credit: Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mendapatkan remisi diabetes adalah apa yang banyak diidamkan para penderita diabetes.

Mereka yang hidup dengan pola tertentu, dapat menikmati kondisi gula darah mereka, layaknya orang normal.

Masalahnya, bagaimana caranya untuk mendapatkan remisi diabetes, inilah yang coba diketahui oleh banyak penderita penyakit gula.

(BACA JUGA:Penderita Diabetes Disarankan Batalin Puasa jika Alami Kondisi Ini, Bisa Fatal jika Tidak)

Jawabannya mungkin terletak pada hasil studi para ahli, yang dirilis pada jurnal BMJ, via Healthline berikut ini.

Munurut studi tersebut, mereka yang menjalani diet rendah karbo selama enam bulan lamanya, berpotensi mengalami remisi diabetes.

Seperti diketahui, penderita diabetes tipe 2, atau diabetes melitus, mengalami intoleransi terhadap makanan berbasis karbohidrat.

Memakan karbo dalam jumlah banyak, menyebabkan peningkatan kadar gula darah, yang kemudian harus diimbangi dengan dosis insulin yang lebih tinggi, selain juga konsumsi obat.

Ada pun ciri mereka yang umumnya mendapatkan remisi diabetes, adalah mereka yang mengalami penurunan berat badan, dengan konsentasi lemak yang sehat.

Ingin mendapatkan remisi diabetes? Mulailah memangkas konsumsi karbohidrat harian Anda.

Apa Itu Remisi Diabetes

Remisi diabetes adalah sebuah kondisi di mana penderita diabetes, menunjukan kadar gula darah layaknya orang sehat.

Remisi diabetes sendiri dapat terjadi dalam waktu cukup lama, hitungan beberapa bulan. Membuat penderita diabetes terbebas dari penggunaan obat-obatan tertentu.

Mereka yang menunjukan nilai HbA1C di bawah 6,5, berlangsung lebih dari tiga bulan, adalah mereka yang mengalami remisi diabetes, atau diabetes yang terkendali.

"Remisi pada pasien dengan diabetes pada dasarnya, adalah suatu kondisi ketika pasien diabetes memiliki kadar gula darah yang normal, sehingga tidak memerlukan konsumsi/penggunaan obat anti diabetes rutin kembali," kata dr. Velika Devina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

"Remisi ini sendiri tidak memiliki waktu yang pasti seberapa lama dapat bertahan, karena diabetes dapat muncul kembali, terutama jika pola hidup sehat seperti saat diabetes masih ada tidak dipertahankan," jelas dr. Velika Devina.

Ia juga melanjutkan bahwa kondisi ini tidak tentu dan tidak pasti bagaimana bisa dicapai. Namun yang jelas lanjutnya, perubahan gaya hidup sehat dan konsumsi obat-obatan diabetes, adalah beberapa kuncinya.

"Dan perlu dimengerti serta diingat bahwa remisi (diabetes) ini, tidak selalu terjadi pada pasien - pasien dengan diabetes," ungkapnya.

Ia kembali melanjutkan bahwa, yang terpenting dari diabetes, adalah menjalani pola hidup sehat khusus untuk orang diabetes dengan baik.

Dan tidak hanya rutin menkonsumsi obat yang diperuntukan diabetes, rutin memeriksakan kondisi ke dokter, adalah salah satu perubahan yang wajib dijalani penderita penyakit gula ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: