Penderita Diabetes Disarankan Batalin Puasa jika Alami Kondisi Ini, Bisa Fatal jika Tidak

Penderita Diabetes Disarankan Batalin Puasa jika Alami Kondisi Ini, Bisa Fatal jika Tidak

Diabetes, Image Credit: Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Seperti dibahas dalam artikel FIN sebelumnya, puasa dapat membantu mereka dengan diabetes untuk lebih mudah mengontrol kadar gula darahnya.

Terlebih untuk mereka dengan gula darah tinggi, aktifitas berpuasa akan membantu mereka mendapatkan kadar gula darah yang normal.

Akan tetapi pada kasus yang berbeda, mereka yang punya gula darah terlalu rendah, berpotensi alami kondisi yang namanya hipoglikemia.

(BACA JUGA:Alasan Mengapa Luka Penderita Diabetes Susah Kering, Awas Fatal Risikonya)

Ketika terlambat ditangani, hipoglikemia dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadarannya, kejang atau kerusakan otak permanen.

Pada kasus yang seperti ini, mereka yang diabetes namun berpuasa, disarankan ahli untuk membatalkan puasa mereka.

"Pengidap diabetes dianjurkan untuk membatalkan puasa bila kadar gula darah kurang dari 70 miligram per desiliter," kata ahli yang dikutip FIN via Halodoc.

Ada pun ciri hipoglikemia pada penderita diabetes, umumnya menunjukan gejala seperti seperti badan mengeluarkan keringat, pusing, gemetaran, gelisah, lapar dan sejenisnya.

Penderita Diabetes Dianjurkan Konsultasi dengan Dokter untuk Aman Berpuasa

Menurut ahli, via Mayo Clinic, puasa Ramadan bagi penderita diabetes boleh-boleh saja. Akan tetapi, lebih direkomendasikan jika mereka yang diabetes, terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Di sana, dokter nantinya akan menerangkan soal potensi bahaya komplikasi, seperti gula darah rendah atau gula darah tinggi, juga dehidrasi.
Jika Anda ternyata tidak fit secara medis, dan untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, dokter umumnya akan menganjurkan Anda untuk tidak berpuasa.

Mempelajari tentang penyebab hipoglikemia, juga mengenali ciri-cirinya saat terjadi, sangatlah esensial bagi penderita penyakit gula

Awas Risiko Hipoglikemia akibat Penggunaan Insulin

Hipoglikemia adalah salah satu efek samping kesalahan penggunaan insulin, yang harus jadi perhatian penderita diabetes.

Terlalu banyak menginjeksi insulin di luar dosis, dapat berujung kadar gula darah yang nge-drop jauh di bawah batas normal.

Memakan atau meminum sesuatu yang manis saat hipoglikemia terjadi, teramat sangat dianjurkan agar terhindari dari syok diabetes.










DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: