Enea Bastianini Juarai GP Amerika Serikat, Manuvernya Dilakukan Lima Lap Terakhir

Enea Bastianini Juarai GP Amerika Serikat, Manuvernya Dilakukan Lima Lap Terakhir

Pebalap Gresini Racing Enea Bastianini.-dok-MotoGP

JAKARTA, FIN.CO.ID - Enea Bastianini menjuarai MotoGP Amerika di Circuit of The Americas, Senin, 11 April 2022 dinihari WIB.

Pembalap Gresini Racing MotoGP ini meraih kemenangan keduanya musim ini setelah juara di seri pembuka, MotoGP Qatar. 

Kemenangan ini membawa pembalap Italia ini kembali ke puncak klasemen.

(BACA JUGA:Jorge Martin Start Terdepan di MotoGP Amerika, Marquez Posisi 9, Siapa Juaranya, Saksikan Malam Ini di Sini )

Aksi manuver Bastianini dilakukan di lima lap terakhir setelah menyalip Jack Miller yang mengendalikan lomba sejak mencuri posisi polesitter Jorge Martin di lap pertama.

Juara GP Qatar itu membuktikan kembali motor Ducati GP21 versi tahun lalu masih berpotensi sebagai penantang serius musim ini di saat Miller, yang mengendarai Desmosedici GP22 versi terbaru harus puas finis ketiga.

Miller kecolongan oleh Alex Rins yang menyalipnya di dua tikungan terakhir lap pemungkas demi membawa Suzuki ke P2, 2,058 detik di belakang Bastianini, demikian laman resmi MotoGP.

(BACA JUGA:Jelang MotoGP Amerika 2022, Marc Marquez: Kepercayaan Diri Saya Jauh Lebih Buruk)

Joan Mir menambah selebrasi Suzuki setelah finis P4 mengalahkan Francesco Bagnaia yang melengkapi peringkat lima besar untuk Ducati.

Di Grand Prix ke-500 tersebut, Bastianini kembali ke puncak klasemen dengan koleksi 61 poin, dibayangi oleh Rins yang terpaut lima poin di peringkat kedua.

Sementara itu Marc Marquez, yang kembali membalap setelah melewatkan seri Indonesia dan Argentina karena cedera mata, terlempar ke posisi terakhir setelah start yang tersendat dari baris ketiga.

Marquez tiba di Austin berstatus "King of COTA" dengan tujuh kemenangan di sana, namun akhir pekan ini ia ingin mengembalikan kepercayaan dirinya setelah melewatkan balapan di Argentina karena cedera diplopia atau penglihatan ganda yang kambuh menyusul kecelakaan di Mandalika.

Berjuang dari posisi paling belakang, sang pebalap tim Repsol Honda melewati satu-satu rivalnya hingga merestorasi posisi ke P9, seperti ketika ia mengawali balapan.

Di tujuh lap terakhir, Marquez masih memiliki kecepatan untuk menyalip Johann Zarco, Fabio Quartararo dan Jorge Martin sebelum menyelesaikan balapan sepanjang 20 putaran itu secara sensasional di P6.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: