Harga Sembako Mahal di Bekasi, Pemkot Klaim Karena Isu Politik Nasional dan Global

Harga Sembako Mahal di Bekasi, Pemkot Klaim Karena Isu Politik Nasional dan Global

Harga sembako di Kota Bekasi mahal. Pemkot klaim karena isu politik nasional dan global--Istimewa

BEKASI, FIN.CO.ID - Harga bahan pokok di wilayah Kota Bekasi saat ini masih dalam kondisi cukup tinggi, keluhan dari masyarakat dan juga pedagang terus menjadi pembahasan di lingkungan sekitar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi, Tedi Hafni Tresnadi, memperkirakan naiknya harga bahan pokok di Kota Bekasi diantaranya akibat terkena imbas isu Politik Global maupun Nasional yang terus terjadi belakangan.

"Kenaikan Harga Bahan Pokok naik, Tidak menutup kemungkinan turut terimbas dari Isu Politik Nasional, Baik dari segi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang mengalami kenaikan dan Isu Global, Sehingga mengakibatkan bahan-bahan pokok yang ada turut mengalami kenaikan," ucap Tedi Hafni saat dikonfirmasi, Senin 11 April 2022.

(BACA JUGA:Jelang Ramadan Harga Sembako Naik, Ketua DPRD Kota Bandung: Pemkot Harus Pastikan Stok Aman dan Rajin Operasi )

Tedi Hafni mengatakan, contohnya yang terlihat saat ini, harga bahan pokok di Pasar Tradisional dan Pasar Modern memiliki harga yang berbeda beda yang diduga akibat faktor impor barang dan pendistribusian.

"Sebenarnya tidak ada hal khusus ya. Tapi kalo jenis barang di sana pasar moderen banyak barang tertentu ya, misalnya barang berkualitas lebih, seperti barang impor," katanya. 

"Ya itulah kebanyakan, Jadi pengaruh juga kan. Seperti Pendistribusian barang misalnya, Sehingga membuat ongkosnya turut mengalami kenaikan terutama untuk harga bahan pokok," ungkapnya.

(BACA JUGA:Jokowi Bagi-bagi Sembako, Fadli Zon: Harus Ada Penjelasan)

Selain itu Tedi Hafni mengungkapkan, dalam kurun waktu sepekan menjelang Bulan Ramadhan harga Kebutuhan Pokok di pasaran di wilayah Kota Bekasi sudah mengalami kenaikan.

"Untuk sejauh ini betul kalo untuk harga bahan pokok masih relatif fluktuatif, Terlebih menghadapi Bulan Ramadhan yang dimana untuk tren-tren harga bahan pokok ada yang naik terutama jenis barang tertentu yang kebutuhan pohok masyarakat seperti daging, cabai, dan bawang merah yang turut mengalami kenaikan harga," ungkapnya.

Sebagai contoh saat ini Harga Daging Sapi perkilonya di Pasar Baru Bekasi sudah di harga Rp 140.000 / kg yang dimana dahulu angka normal di harga Rp 130.000 /kg.

(BACA JUGA:Tenang, Kebutuhan Sembako Aman Hingga Lebaran)

"Sehingga dari adanya kenaikan harga tersebut, kami katakan masih dibatas hal yang wajar. Karena untuk setiap tahunnya bagi kebutuhan bahan pokok, terutama di momentum-momentum keagamaan untuk memang selalu terjadi kenaikan harga," Jelasnya.

Namun menurutnya meski bahan pokok mengalami kenaikan harga, pihaknya akan memastikan ketersediaan stok bahan pokok selama Bulan Ramadhan akan aman dan tidak mengalami kekurangan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: