Menhub-Polri Utak Atik Jalur Mudik Lebaran

Menhub-Polri Utak Atik Jalur Mudik Lebaran

Antisipasi kemacetan di jalur mudik Lebaran-ist-net

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri tengah berkoordinasi mengutak atik jalur mudik lebaran.

Sejumlah strategi dibahas demi kelancaran arus mudik lebaran bagi masyarakat Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya tengah membahas sejumlah skenario manajemen rekayasa lalu lintas dengan digelar Korlantas Polri.

(BACA JUGA:Mudik Lewat Jalur Pantai Selatan atau Pansela, Bayah Tembus ke Pacitan, Pemandangan Indah dan Instagramable)

Diskresi rekayasa lalu lintas akan dilakukan dan diputuskan oleh Korlantas Polri, baik itu penerapan sistem satu arah, contra flow, buka-tutup jalur, pengalihan jalur, ganjil-genap, dan rekayasa lalu lintas lainnya.

“Penyiapan rekayasa lalu lintas telah disiapkan jauh-jauh hari oleh Korlantas Polri, bersama Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) dan Jasa Marga, dengan melakukan simulasi-simulasi sehingga dapat diprediksi berapa rasio kemacetan yang akan terjadi,” kata Budi Karya, Minggu, 10 April 2022.

Dijelaskannya kepastian manajemen rekayasa lalu lintas yang akan ditetapkan pada masa mudik lebaran tahun 2022 akan segera disampaikan oleh Korlantas Polri dan akan disosialisasikan lebih lanjut kepada masyarakat.

(BACA JUGA:Menhub: 85 Juta Orang Bakal Mudik, 47 Persen Lewat Jalur Darat)

“Dengan animo masyarakat yang tinggi untuk mudik, kita ingin mengatur perjalanan mudik yang aman dan sehat. Kelancaran, keselamatan, dan disiplin prokes menjadi keharusan,” ungkap Menhub.

Lebih lanjut Menhub menyampaikan untuk memperlancar arus penumpang maupun kendaraan di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni, diimbau hanya kapal-kapal besar saja yang beroperasi.

Sedangkan, untuk kelancaran arus lalu lintas di Jawa Tengah yang menjadi tujuan terbesar para pemudik, akan dilakukan rapat koordinasi dengan Korlantas, Ditlantas, Polda, serta Pemda Jateng.

Pada kesempatan yang sama, Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi mengatakan segera mengumumkan skenario manajemen rekayasa lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran paling lambat dalam minggu ini.

“Diprediksi akan ada 85 juta orang yang akan mudik, dan sekitar 47 persennya menggunakan jalur darat. Untuk itu perlu diatur pergerakannya. Kami harapkan kesadaran dari para pengemudi dan pengguna jalan yang nantinya akan terkena dampak pengaturan rekayasa lalu lintas,” ujarnya.

Sementara, Kepala Badan Pengelolaan Jalan Tol Danang Parikesit menyampaikan pihaknya telah menyiapkan jalan tol sepanjang 2.500 km yang akan dioperasikan selama periode mudik Lebaran tahun 2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: