Baru Sadar Bahaya Kolesterol Tinggi? Ini yang Harus Berubah dari Anda

Baru Sadar Bahaya Kolesterol Tinggi? Ini yang Harus Berubah dari Anda

Kolesterol Tinggi, Image oleh mohamed Hassan dari Pixabay --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda baru menyadari bahwa ada yang salah dengan tubuh Anda, dan belakangan mengetahui bahwa Anda punya masalah dengan kolesterol tinggi.

Seperti diketahui, kolesterol tinggi adalah salah satu penyebab kematian, dipicu oleh beberapa kondisi lain.

Menurut  Mayo Clinic, salah satu efek fatal dari kolesterol tinggi, adalah potensi serangan jantung dan stroke.

(BACA JUGA:Penyebab Kuku Berubah Warna, dari Masalah Liver, Diabetes hingga Jantung)

Tidak ingin hal ini menimpa Anda, maka perubahan drastis dalam pola hidup Anda adalah sesuatu yang tidak bisa lagi ditunda.

Salah satunya menurut ahli, tentunya dengan mengkonsumsi makanan sehat yang dianjurkan.

Jangan salah-salah, berikut ini beberapa jenis makanan yang wajib dikonsumsi, jika ingin terhindar dari kolesterol tinggi, seperti dilansir Healthline:

Kacang-kacangan
Kacang almond adalah kacang asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi. Di lain sisi, kacang kenari tinggi akan asam lemak omega-3, protein dan asam amino, yang baik kesehatan jantung Anda.

Extra Virgin Olive Oil
Yang satu ini untuk menggantikan minyak goreng yang biasa Anda gunakan memasak. Tinggi kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan, penggunaan olive oil dapat memangkas 30 persen risiko seseorang terkena stroke dan serangan jantung.

Ikan laut
Jenis ikan laut seperti  seperti salmon, mackere adalah beberapa jenis ikan tinggi akan kandungan asam lemak omega-3. Selain baik untuk meningkatkan kolesterol baik, omega-3 yang ditawarkannya baik untuk mengatasi peradangan dan memangkas risiko stroke.

Bawang putih
Salah satu bumbu masak paling populer di dunia, bawang putih tidak hanya mampu menurunkan LDL, namun juga tekanan darah tinggi.

Makanan berbasis gandum utuh
Berdasarkan banyak studi, makan 3 porsi produk gandum utuh dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke sebesar 20 persen.

Teh
Selain ada teh hijau, teh hitam dan teh putih juga punya manfaat sehat, dan baik untuk dikonsumsi.

Alpukat
Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan serat, dua gizi yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: