Wiranto Yakin Jabatan 3 Periode Tidak Mungkin Terjadi, Ini Alasannya...

Wiranto Yakin Jabatan 3 Periode Tidak Mungkin Terjadi, Ini Alasannya...

Wiranto -Instagram -

JAKARTA, FIN.CO.ID- Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Wiranto mengatakan, tidak mungkin terjadi jabatan presiden 3 periode. Sebab itu menyangkut dengan konteks UUD 1945. 

"Dalam konteks UUD 1945, karena ketiga-tiganya akan menyangkut pasal-pasal dalam UUD 1945, sekarang mungkinkah perubahan itu terjadi? Sebelum lagi kita ramai membincangkan itu, tadi teman-teman berdebat dengan itu. Maka jawabannya ya tidak mungkin," ujar Wiranto, Jumat 8 April 2022.

Wiranto mengatakan itu usai dirinya bertemu dengan perwakilan BEM Nusantara. Wiranto menyampaikan beberapa alasan tidak mungkin ada amandemen untuk jabatan 3 periode. 

(BACA JUGA:Soal Kenaikan BBM Hingga Isu 3 Periode, Himpunan Mahasiswa Hukum Layangkan Somasi ke Jokowi)

"Yang pertama karena menyangkut UUD 1945, mengamendemen UUD itu persyaratannya berat sekali. Harus ada majority dalam MPR yang setuju bahwa perubahan di UUD 1945 mengenai jabatan presiden," jelasnya.

Wiranto menjelaskan peta politik di parlemen yang mayoritas partai menolak jabatan 3 periode. 

"Memang jawabannya tidak mungkin, kenapa? Karena MPR itu kan DPR dan DPD, DPR sendiri dari 9 parpol hanya 3 yang setuju, 6 parpol tidak setuju. Dibawa ke MPR, DPD tidak setuju, jadi mana mungkin terjadi perubahan amendemen?" katanya.

(BACA JUGA:Demo Tolak Jokowi 3 Periode Sempat Ricuh, Jubir Aliansi Mahasiswa: Kami Akan Bawa Massa yang Lebih Besar)

Alasan berikutnya kata Wiranto, tidak ada lembaga negara yang sedang mempersiapkan penundaan pemilu atau jabatan 3 periode. 

"Yang kedua sampai sejauh ini tidak ada kegiatan apa pun di DPR, lembaga pemerintah, lembaga pemilu yang mengisyaratkan persiapan-persiapan penundaan pemilu nggak ada," katanya.

Berikutnya Wiranto berujar bahwa pemerintah saat ini sedang sibuk dengan urusan melakukan penyehatan ekonomi nasional dalam situasi global yang tidak menguntungkan.

(BACA JUGA:Panasnya Isu Jokowi 3 Periode, Rizal Ramli: Pak Jokowi Legowo Ngundurin Diri) 

"Juga menyelesaikan mitigasi pandemi, jadi tidak ada sama sekali kehendak membahas perpanjangan masa jabatan 3 periode," ucapnya.

Yang terakhir Wiranto mengatakan bahwa wacana 3 periode ini akan berhenti dengan sendirinya karena tidak ada yang bisa mengimplementasikannya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: