6 Alasan Mengapa AC di Rumah Anda Tidak Lagi Dingin

6 Alasan Mengapa AC di Rumah Anda Tidak Lagi Dingin

AC, Image oleh Memed_Nurrohmad dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Dalam beberapa bulan terakhir ini, udara di Indonesia sedang panas-pananya. Tanpa AC, menikmati malam yang sejuk sepertinya mustahil untuk dilakukan.

Aktifitas tidur di malam hari, tanpa AC yang dingin, pun terasa begitu menyiksa.

Masalahnya Anda memiliki AC di kamar tidur Anda, namun rasa-rasanya kok tidak memberikan efek sejuk yang didambakan.

(BACA JUGA:Bermasalah dengan Tidur? Alat Ini Bisa Membantu Anda)

Menurut pakarnya, ada enam alasan mengapa AC Anda tidak lagi dingin. Berikut seperti dilansir Urban Company:

1. Anda salah setting thermostat

Terkadang orang tidak menyadari bahwa mereka salah men-setting AC mereka. Ada yang hanya menyalakan fungsi fan saja, dan sebagainya.

2. Filter udara kotor

Salah satu alasan mengapa AC tidak lagi dingin kareNa filter udaranya penuh dengan debu. Hal ini dapat mengganggu kinerja evaporator, menyebabkan AC tidak lagi dingin.

3. Kondensor kotor

Jika filter dan evaporator ada di dalam, kondensor adalah unit luarnya. Ketika kondensor tersumbat, hal ini juga menjadi penyebab AC tidak dapat dapat mendinginkan ruangan.

4. Kerusakan motor

Ketika motor rusak, maka AC Anda tidak dapat menyerap panas dari dalam ruangan.

5. Freon bocor

Ketika terjadi kebocoran, maka AC secara otomatis kehilangan kemampuannya untuk mendinginkan ruangan. Hal ini mudah dikenali dengan terbentuk es pada pipa di unit luar AC Anda.

6. Kompresor rusak

Kompresor adalah salah satu bagian penting dari AC Anda. Tugasnya adalah mengatur aliran freon antara evaporator dan kondensor.

Agar Tidur Lelap di Malam yang Panas

Berikut tips ahli agar lebih mudah tertidur, dan menjaga kualitas tidur di malam yang panas, seperti dilansir Healthline:

• Jangan biarkan udara panas berkumpul di kamar tidur Di siang hari, tutup selalu jendela, gorden atau apapun yang dapat mengudang panas masuk

• Undang udara segar masuk Di malam harinya, saat udara di luar terasa sejuk, bukalahan jendela kamar Anda, dan biarkan leih banyak udara segar masuk menyejukan ruangan.  

• Tidur di lantai Bukan benar-benar tidur di lantai, akan tetapi cobalah untuk meletakan kasur Anda tepat di atas lantai, untuk merasakan efek dingginnya lantai.  

• Gunakan kipas angin Selama tidak diarahkan ke wajah dan bersih dari debu, pakar tidur Christabel Majendie, kipas angin adalah solusi terbaik pada kondisi yang demikian.
 
• Gunakan seprai dan sarung bantal berbahan alami  Seprai dan sarung bantal berbahan katun dan linen adalah yang paling dianjurkan.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: