Survei: Simulasi Pasangan Prabowo-Ganjar Tertinggi

Survei: Simulasi Pasangan Prabowo-Ganjar Tertinggi

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo -Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID-- Lembaga survei Indikator Politik (IPI) merilis hasil survei terbaru pada Ahad 3 Maret 2022 yang menempatkan pasangan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo tertinggi. 

Dalam simulasi pasangan Capres-Cawapres hasilnya memperlihatkan Prabowo Subianto dipasangkan dengan Ganjar Pranowo mencapai 51,1 persen suara dari 1.200 responden.

Berbeda jika Prabowo dipasangkan dengan Anies Baswedan, hasilnya yakni 47,7 persen. Sementara jika Ganjar Pranowo dipasangkan dengan Erick Thohir, hasilnya hanya capai 36,8 persen.

(BACA JUGA:Survei Jokowi 3 Periode, Segini Jumlah Masyarakat Indonesia yang Mendukung)

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin, menilai, Prabowo-Ganjar lebih tinggi sebab kedua pasangan ini saling menutupi kekurangan suara di wilayah tertentu. 

“Kenapa Prabowo-Ganjar lebih tinggi daripada Prabowo-Anies, karena Prabowo itu lemah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, sementara Ganjar kuat di Jawa Tengah," ujar Burhanuddin Muhtadi di Jakarta, Ahad 3 Maret 2022.

"Jadi dia bisa melengkapi kekurangan Prabowo. Sementara Prabowo-Anies (kantong suaranya) sama, Anies juga lemah di Jawa Tengah,” katanya. 

(BACA JUGA:Survei PSI: Airlangga Capres Teratas, Golkar Kuasai Sumatera dan Jawa)

Walaupun demikian, Burhanuddin mempertanyakan apakah Ganjar bersedia jadi calon wakil presiden, sementara dia punya peluang terpilih sebagai presiden pada Pemilu 2024.

Tidak hanya itu, Burhanuddin lanjut mempertanyakan apakah pendukung Ganjar atau Anies nantinya bersedia jika dia menempati posisi sebagai calon wakil presiden.

Pasalnya, situasi politik ke depan tidak hanya bergantung pada aktornya, tetapi juga basis pendukungnya, kata Burhanuddin.

Di luar simulasi nama-nama itu, Indikator Politik Indonesia juga membuat simulasi pasangan capres-cawapres yang melibatkan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto, dan tokoh dari PDIP yang diyakini akan maju saat Pilpres 2024 yaitu Ketua DPR RI Puan Maharani.

(BACA JUGA:Luhut Ditantang Buka Big Data Penundaan Pemilu, Pengamat: Jangan-jangan Ini Survei Malaikat)

Dari simulasi nama-nama itu, tidak ada pasangan calon yang memperoleh suara di atas 40 persen.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: