Penembak Mati Kabinda Papua Letjen (P) TNI Putu Dani Ditembak Mati Satgas

Penembak Mati Kabinda Papua Letjen (P) TNI Putu Dani Ditembak Mati Satgas

Kasatgas Humas Damai Cartenz Kombes Ahmad Kamal saat menunjukan pelaku penembakan terhadap Kabinda Papua-Polda Papua-polda papua

JAYAPURA, FIN.CO.ID - Pelaku penembak mati Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Letjen (P) TNI Putu Dani ditembak mati Satgas Penegakan Hukum Damai Cartenz.

Selain pelaku penembakan, Satgas Penegakan Hukum Damai Cartenz juga menangkap seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) lainnya.

"Penangkapan terhadap kedua anggota KKB, yakni Toni Tabuni (24) dan Kais Tabuni (25) dilakukan, Selasa (28/3), di Nabire," kata Kasatgas Humas Damai Cartenz Kombes Ahmad Kamal, Rabu, 30 Maret 2022.

 (BACA JUGA:Anggota TNI Gabung KKB Papua Pimpinan Egianus Kogoya yang Tewaskan Dua Anggota Marinir )

Diakuinya, saat hendak ditangkap di kawasan Siriwini, Nabire, Toni Tabuni melakukan perlawanan hingga dilakukan tindakan yang menyebabkan tewasnya yang bersangkutan.

Sedangkan Kais Tabuni saat ini diamankan di Polres Nabire.

Dijelaskannya, Toni Tabuni (24) merupakan pimpinan KKB Ndeotadi.

(BACA JUGA:Anggota TNI Gabung KKB Papua Penyerang Marinir, Begini Penjelasan Danren )

Tercatat sembilan aksi kekerasan, di antaranya yang melibatkan Toni Tabuni, yakni pencurian dengan kekerasan terhadap personil Pospol 99 Ndeotadi pada 15 Mei 2020 yang mengakibatkan Briptu Cristian Palling mengalami luka bacok di kepala dan di tubuh serta merampas senjata organik Pospol sebanyak 3 pucuk (SS1 sebanyak 2 pucuk dan AK 47 sebanyak 1 pucuk).

Terlibat aksi penembakan terhadap Kabinda Papua pada tanggal 25 April 2021, yang mengakibatkan Kabinda Papua Letjend (P) TNI I Gusti Putu Dani Nugraha meninggal di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak

Kemudian Toni juga terlibat penembakan terhadap petugas Satgas COVID di Kabupaten Intan Jaya pada 22 Mei 2020, hingga menyebabkan Alemalik Bagau dan Heniko Somau meninggal.

"Pada 29 Mei 2020 terlibat penembakan terhadap masyarakat hingga menewaskan Yunus Sani di perbatasan Intan Jaya-Paniai, penodongan terhadap masyarakat di area tambang rakyat lokasi dulang 45," jelas Kamal.

Dia menambahkan Toni juga terlibat pembakaran di Bandara Bilorai Intan Jaya, pada tanggal 29 Oktober 2021, terlibat kontak tembak dengan tim gabungan TNI-Polri di Sugapa Intan Jaya pada tanggal 5 November 2021 yang menewaskan anggota KKB Oce Belau. 

Toni Tabuni juga ikut dalam aksi kontak tembak antara KKB Ilaga dengan Paskhas di Bandara Aminggaru pada 19 Februari lalu hingga melukai Praka Firman Hermansyah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: antara