Serang Polisi, Ketua Dewan West Papua Ditangkap

Serang Polisi, Ketua Dewan West Papua Ditangkap

Buchtar Tabuni, Ketua Dewan West Papua (Chairman of the West Papua Council) dari Pemerintahan Sementara ULMWP ditangkap aparat kepolisian-ist-net

JAYAPURA, FIN.CO.ID - Ketua Dewan West Papua (Chairman of the West Papua Council) dari Pemerintahan Sementara ULMWP ditangkap aparat kepolisian.

Mantan Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) ditangkap karena menyerang polisi yang sedang patroli.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri membenarkan penangkapan Buchtar Tabuni.

(BACA JUGA:Aktivis KNPB Penyebar Hoaks Ditangkap)

"Buchtar Tabuni dkk ditangkap karena menyerang dan mengeroyok aparat keamanan yang sedang patroli dan melintas di sekitar rumahnya," katanya dilansir Antara, Kamis, 24 Maret 2022.

Dijelaskannya, insiden terjadi pada Kamis, 24 Maret 2022, sekitar pukul 10.30 WIT. Kala itu, aparat gabungan melakukan patroli ke kawasan Kamp Wolker, Distrik Heram, Jayapura menghampiri rumah Buchtar Tabuni. Pada saat itu di rumah Buchtar Tabuni tengah berkumpul sejumlah pemuda.

"Sebelumnya, kami mendapat informasi adanya rapat di rumah Buchtar Tabuni yang dilakukan sekelompok pemuda yang menamakan diri Pemerintah Sementara West Papua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP)," kata Kapolda.

(BACA JUGA:Waspadai! Kerusuhan Yahukimo Berpotensi Ditunggangi KNPB)

Dijelaskannya, patroli bergerak itu dilakukan guna mengantisipasi gangguan kamtibmas.

Saat itu, anggota mendatangi rumah Buchtar dan meminta mereka tidak melakukan pertemuan atau rapat. Namun imbauan itu tidak diterima dan mereka menyerang anggota Polresta Jayapura sehingga dilakukan penangkapan terhadap Buchtar Tabuni beserta simpatisannya.

"Kasusnya kini ditangani Polresta Jayapura Kota, dan saat ini masih dilakukan pemeriksaan," katanya.

United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) atau Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat merupakan organisasi yang berjuang memisahkan Papua dari NKRI.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: