Rahasia Panjang Umur Ada pada Kebiasaan Anda yang Satu Ini

Rahasia Panjang Umur Ada pada Kebiasaan Anda yang Satu Ini

Rahasia Panjang Umur Ada Dikebiasaan Anda yang Satu Ini, Image oleh StockSnap dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Panjang umur atau hidup lebih lama adalah mimpi setiap orang. Namun untuk mencapainya tidaklah semudah membalikan telapak tangan.

Di situ, ada daftar hal-hal yang wajib dihindari, juga ada list apa saja yang perlu Anda lakukan, untuk memperpanjang umur Anda.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur menurut sebuah studi, adalah dengan mengurangi konsumsi kalori harian Anda.

(BACA JUGA:Makanan yang Bikin Orang Jadi Pinter Menurut Pakar Gaya Hidup Sehat ala Islam)

Menurut Prof Vishwa Deep Dixit dari Yale University, via The Sun, dengan mengurangi konsumsi kalori, "Hal ini memberikan efek luar biasa terhadap imunometabolik tubuh".

Menurut studi yang melibatkan data 200 orang sehat dan tidak gemuk itu, ditemukan fakta yang menarik.

Dari situ, diketahui bahwa dengan menurunkan konsumsi kalori sebanyak 14 persen, menunjukan fungsi kelenjar timus pada tubuh jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Ketika konsumi harian akan kalori dikurangi, hal ini menurut ahli, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, mencegah mereka dari berbagai serangan infeksi dan penyakit.

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, dapat memperpanjang umur Anda dengan memangkas risiko fatalitas pada manusia.

Rahasia Panjang Umur Ada di Wajah Anda

Menurut pakar psikiatri Dr. Kelli harding, dengan banyak tersenyum, Anda dapat memperpanjang setidaknya tujuh tahun usia Anda.

Menurut penulis buku "The Rabbit Effect" itu, senyuman "dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh orang, dan (baik) untuk tekanan darah".

"(Senyuman) membantu orang panjang umur dan hidup lebih baik," kata Dr Harding seperti dikutip FIN dari The Sun.

Hal senada juga dilontarkan pakar gizi James Ellis. Menurut dia, senyuman dapat meningkatkan produksi hormon bahagai, yang salah satu efeknya memperpanjang umur seseorang.

Hal ini ada kaitannya dengan produksi hormon kortisol dan endorfin, ketika seseorang tersenyum.

Manfaat Tersenyum selain Bikin Panjang Umur

Namun perlu disadari, senyuman bukanlah sekedar Anda menarik otot di wajah dan tanpa manfaat.  

Perlu disadari, bahwa ketika Anda tersenyum, ada beberapa hormon yang dilepas tubuh, yang ternyata punya manfaat luas terhadap tubuh Anda.
 
Seperti dilansir Healthline, senyum dapat menawarkan beberapa benefit di atas, selain mengurangi rasa sakit, dan menurunkan stres.

Tidak hanya itu, mereka yang gemar tersenyum, menurut beberapa studi, adalah tipe orang yang lebih disukai, kompeten dan terkesan sopan di mata yang lain.  

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: