Segera Periksa ke Dokter jika Ibu Hamil Keluhkan Gatal-gatal

Segera Periksa ke Dokter jika Ibu Hamil Keluhkan Gatal-gatal

Ibu hamil, Image oleh Manuel Alejandro Leon dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda ibu hamil atau istri Anda tengah hamil, dan kerap mengeluhkan rasa gatal, khususnya di bagian tangan atau kaki?

Menurut tenaga medis bernama Sarah, hal ini dapat menandakan keberadaaan masalah serius.

Sarah yang berprofesi sebagai perawat di sebuah rumah sakit di Inggris mengatakan, ibu hamil yang kerap merasa gatal di bagian kaki atau tangannya berpotensi alami kolestasis.

(BACA JUGA:Ibu Hamil Korban Selamat Serangan Udara Rusia Ini Melahirkan Seorang Putri)

Kolestasis adalah gangguan aliran pada organ liver, ditandai dengan tersumbatnya salah satu organ penting tubuh manusia itu.

"Kolestasis dapat menyebabkan gatal bukan main, namun tidak menyebabkan ruam (kemerahan di kutli)," kata Sarah seperti dikutip FIN dari The Sun.

"Anda mengalami kolestasis, (rasa gatalnya) umum terjadi di telapak tangan, kondisi ini biasanya muncul di ketika kehamilan sudah membesar," lanjutnya.

Meski begitu, kolestasis tetap bisa terjadi di awal-awal kehamilan.

Ia melanjutkan, penting bagi ibu hamil untuk sesegera mungkin memeriksakan kondisi mereka.

Karena tidak hanya dapat menyebabkan komplikasi, membahayakan sang ibu, namun juga calon bayi yang dikandungnya.

Selain rasa gatal, ciri lain dari kolestasis adalah meliputi mual dan muntah, napsu makan menurun, air kencing terlihat gelap, nyeri pada perut bagian atas dan mudah lelah.

Penyebabnya sendiri menurut ahli, belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, genetika, hormon dan kekurangan cairan disebut ambil bagian dalam masalah ini.

 
Yang Wajib Dipahami Ibu Hamil

Bicara sesi tanya jawab ibu hamil dengan dokter kandungan, banyak pertanyaan penting seputar kehamilan yang sebenarnya kerap terlewatkan oleh para calon ibu.

Padahal, pengetahuan seputar kehamilan sangatlah esensial, untuk melewati proses ini selama 9 bulan.

Berikut ini 4 hal seputar kehamilan yang patut dipahami ibu hamil, seperti dikutip dari Alodokter:

Apakah sering kentut berbahaya selama kehamilan?

Menurut Alodokter, kentut saat hamil bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

"jika keluhan sering kentut membuat Bumil merasa tidak nyaman, nyeri perut, atau kembung dan mual, hal ini sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan".

Mengapa demikian, karena hal ini ditakutkan berdampak pada potensi masalah gizi yang tidak diinginkan.

"keluhan-keluhan tersebut bisa saja membuat nafsu makan Bumil berkurang, sehingga Bumil berisiko mengalami kekurangan nutrisi dan cairan".

Berapa berat badan ideal ibu hamil?

Menurut Alodokter, hal ini penting untuk ditanyakan langsung pada dokter kandungan yang menangani ibu hamil.

"Berat badan ideal pada tiap ibu hamil tidak sama, tergantung usia kehamilan dan berat badan sebelum hamil. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Bumil menanyakan langsung tentang berapa berat badan ideal selama hamil ke dokter kandungan".

Apakah normal keputihan selama kehamilan?

Menurut Alodokter, hal ini tentu saja sebuah hal yang normal, selama cairan yang dikeluarkan berwarna bening atau agak berwarna putih, dan tidak berbau menyengat.

"Namun, jika cairan yang keluar berwarna hijau atau kekuningan, berbau tidak sedap, disertai darah, dan rasa gatal atau nyeri pada vagina, Bumil sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter kandungan".

Apakah normal mengalami masalah pencernaan saat kehamilan?

Menurut Alodokter, dan seperti halnya beberapa hal di atas, masalah perncernaan saat kehamilan merupakan sebuah proses yang wajar, termasuk sembelit.

"Untuk meringankan konstipasi atau sembelit, Bumil bisa memperbanyak minum air putih setiap harinya, rutin berolahraga, serta mengonsumsi makanan kaya serat, seperti sayuran dan buah-buahan".

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: