Jokowi Hanya Ajak Gubernur Kaltim Berkemah, Refly Harun: Seharusnya Anies Baswedan Juga

Jokowi Hanya Ajak Gubernur Kaltim Berkemah, Refly Harun: Seharusnya Anies Baswedan Juga

Presiden Jokowi di depan tenda saat berkemah di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. -presiden.go.id-

JAKARTA, FIN.CO.ID-  Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor menjadi satu-satunya Gubernur yang ikut berkemah bersama Presiden Joko Wodod atau Jokowi di Titik Nol, Ibu Kota Negara, Kalimantan Timur pada Senin 14 Maret 2022. 

Menurut pakar hukum tata negara Refly Harun, seharusnya, selain Isran Noor, Presiden Jokowi juga harus mengajak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Sebab, kata Refly, saat ini Kota Jakarta masih menjadi Ibu Kota Negara. 

"Harusnya, pilihannya, Gubernur pertama adalah tuan rumah, Gubernur ke dua adalah Gubernur DKI Jakarta. Kenapa, karena Gubernur DKI adalah Ibu Kota Negara yang saat ini eksistik. Jangan lupa, Ibu Kota negara secara the fakto itu masih Jakarta," kata Refly Harun dikutip kanal YouTube-nya Refly Harun, Rabu 16 Maret 2022.

(BACA JUGA:PKS Sorot Ritual Kendi di IKN: Kalau Tujuannya Dapat Berkah, Maka MUI dan Ulama Harus Peringatkan Jokowi)

Selain dua kepala daerah di atas, Refly Harun mengatakan, Gubernur Aceh juga yang harus diajak berkemah. Gubernur Aceh untuk mewakili Indonesia bagian barat.

Selain itu, juga Gubernur Papua untuk mewakili Indonesia bagian timur. Kata Refly, jika empat Gubernur itu jika diajak berkemah, maka akan mencerminkan kenusantaraan. 

"Kalau 4 Gubernur itu diajak berkemah, menurut saya mewakil kenusantaraan. Jadi Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Aceh dan Papua," ujar Refly Harun. 

Namun begitu, Refly Harun menilai wajar. Sebab dia menilai cara Jokowi mengajak berkemah merupakan bagian dari politik. 

Dia menduga, Presiden Jokowi tidak nyaman dengan Anies Baswedan. 

(BACA JUGA:Kirain Jokowi Tidak Jadi Berkemah di IKN, Said Didu Terlanjur Nulis Sindiran Begini...)

"Ini politik, Tentu terserah pemerintah Presiden Jokowi. Mungkin juga Jokowi merasa tidak nyaman kalau diajak berkemah adalah Gubernur Anies Baswedan," katanya. 

"Barang kali hubungan personal Jokowi dan Anies tidak enak juga," tuturnya. 

Sebelumnya, di Titik Nol IKN, di Kalimantan Timur, Jokowi bersama Gubernur se-Indonesia mekukan rituan Kendi Nusantara. Usai ritua, Jokowi bermelama di kemah bersama beberapa pejabat. 

Diantaranya, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: