Ganjar Bawa Tanah dan Air Keramat ke IKN, Netizen: Harusnya Tanah dari Desa Wadas

Ganjar Bawa Tanah dan Air Keramat ke IKN, Netizen: Harusnya Tanah dari Desa Wadas

Ganjar Pranowo menyerahkan tanah dan air Keramat ke Presiden Jokowi-Twitter @ganjarpranowo-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membawa air dan tanah dari keramat ke Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur untuk disatukan. 

"Tanah dan air keramat yang saya pilih untuk disatukan dangan Tanah dan Air dari seluruh penjuru bumi nusantara," ujar Ganjar melalui akun media sosialnya, dikuti Selasa 15 Maret 2022.

Ganjar Pranowo menyebut bahwa bahwa tanah yang dia ambil adalah dari Gunung Tidar di Magelang. Dia klaim di situ tempatnya marabahaya mengancam. 

(BACA JUGA:PKB Sindir Ganjar, Anies, Ridwan Belum Punya Tiket Jadi Capres, Muhaimin Setiap Hari Keliling Hadiri Deklarasi)

"Untuk tanah, saya ambil dari pusatnya Tanah Jawa, yaitu di Gunung Tidar Magelang. Di sinilah marabahaya yang mengancam Jawa ditaklukkan," katanya. 

Ganjar mengatakan ada sebuah makam orang suci di Gunung Tidar. Namanya setel Subakir. 

"Untuk menjaga keseimbangan, sebuah rajah ditancapkan di Gunung Tidar. Beliau adalah Syech Subakir. Rajah, makam dan senjata beliau dimakamkan di sana dan bisa kita temui hingga kini" katanya.

(BACA JUGA:Ternyata Jokowi Siapkan Indomie di Dalam Tenda Saat Berkemah di IKN Nusantara )

Sementara untuk air, Ganjar mengambilnya dari dari Gunung Lawu. Di sana juga dianggap sebagai tempat keramat. 

Dia katakan bahwa di lereng Gunung itu, ada sebuah pertapaan yang banyak dimanfaatkan oleh para tokoh dari dulu hingga sekarang. 

"Namanya pertapaan Bancolono. Di dekat pertapaan itu ada dua sendang yaitu Sendang Lanang dan Sendang Wedok," jelas Ganjar. 

Ganjar klaim, dua tempat itu diyakini menyimpan energi positif yang sangat besar. 

(BACA JUGA:Anies Bawa Tanah Korban Gusuran Ahok ke IKN, PDIP: Harusnya Tanah dari Kota Tua)

"Besarnya energi dan manfaat yang dihasilkan, saya kirim untuk disatukan di Ibu Kota Negara Nusantara. InsyaAllah Tanah dan air itu menjadi satu dari sekian penguat yang ditanam di sana" ungkapnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: