Normalkah jika Anda Kerap Bangun saat Tengah Malam?

Normalkah jika Anda Kerap Bangun saat Tengah Malam?

Ilustrasi hubungan seksual. (Pixabay)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tidur pulas adalah salah satu kunci sehat. Delapan jam semalam adalah yang paling dianjurkan ahli.

Namun apa yang terjadi jika Anda kerap bangun saat tengah malam?

Adakah yang salah dengan Anda? Normalkah jika Anda kerap terbangun tengah malam?

(BACA JUGA:Apa Boleh Makan Donat jika Punya Kolesterol Tinggi?)

Jawabnya menurut ahli adalah seperti berikut. Terbangun saat tengah malam adalah sesuatu yang wajar dilakukan orang.

Malahan, terbangun saat tengah malam, adalah bagian dari insting alami manusia, yang dicetak di dalam DNA.

Jadi intinya, terbangun saat tengah malam, atau bangun empat hingga enam kali dalam semalam, masih dianggap sebagai sesuatu yang wajar.

Hanya saja menurut pakar tidur Dr. Jose Colon, via Men's Health, hal itu akan lain ceritanya, jika Anda terbangun dan tidak lagi atau kesulitan untuk kembali tidur.
Hal ini menurut dia, dapat dikaitkan dengan beberapa hal.

Salah satunya  menurut penulis The Sleep Diet itu adalah akibat kepanasan.

Bisa jadi AC rumah anda sudah tidak dingin, atau cuaca tidak bersahabat menyebabkan panas ruangan yang berlebih.

Pada kasus yang seperti ini, pakar lain, Dr. Marc Leavey dari Mercy Medical Center di Baltimore menyarankan, untuk mandi air hangat tepat sebelum jam tidur.

Menurut Leavy, tubuh yang terpapar air hangat, akan mengalami penurunan suhu, membantu orang lebih mudah tertidur lelap.

Selain karena kepanasan, kebiasaan orang main gadget sebelum tidur, jadi alasan mengapa orang kerap bangun saat tengah malam.

"Mata yang terekspos pada sinar (gagdet) di malam hari menghambat tubuh menghasilkan melatonin, yang adalah hormon tidur," ungkap peneliti dari Carroll University, Richard L. Hansler, Ph.D.

Agar tidur lelap, kata Hansler, tidurlah dengan lampu dalam keadaan padam, dan tidak mengakses ponsel anda hingga terlelap.

Selain di atas, stress jadi salah satu alsan orang sulit tidur nyenyak hingga pagi harinya.

Stress adalah salah satu penyebab orang untuk tidur dengan nyaman di malam hari. Meditasi adalah yang dianjurkan Lekeisha A. Sumner, Ph.D., seorang psikolog dari University of California.


Sumber: