Usai Kena Stroke, Lidah Pria Ini Menghitam dan Tumbuh Rambut

Usai Kena Stroke, Lidah Pria Ini Menghitam dan Tumbuh Rambut

Ilustrasi Seorang Pria Menyembunyikan Wajahnya, Image oleh Holger Langmaier dari Pixabay--

JAKARTA - Lidah seorang pria asal India dilaporkan menghitam dan ditumbuhi oleh rambut. Penyebabnya diduga akibat stroke yang dialaminya.

Seperti diketahui, stroke pada manusia dapat menyebabkan sejumlah efek jangka panjang, seperti kelumpuhan contohnya. Namun lidah yang ditumbuhi rambut adalah kasus yang aneh.

Menurut ahli, kondisi ini terjadi pada permukaan lidah yang disebut papila. Diduga papila ini menghasilkan keratin, protein yang sama dengan yang ditemukan pada rambut.

(BACA JUGA:Makan Nasi Goreng Pake Kerupuk Memang Enak, tapi Sudah Tau Risikonya ke Jantung Belum?)

Usai kena stroke, menurut studi yang dirilis pada JAMA Dermatology itu, pria yang namanya dirahasiakan tersebut juga menderita kelumpuhan di sisi kiri tubuhnya.

Seperti dilansir BBC, pria India ini sudah bolak-balik ke beberapa dokter kulit, untuk mencari jawaban tentang kondisi lidahnya tersebut.

Menurut tim dokter dari Medical Trust Hospital di Cochin, Kerala, kondisi ini bernama 'lingua villosa nigra'.

Papila sendiri adalah alat pengecap pada indera perasa manusia, dan memiliki bentuk seperti buah stroberi.

Papila menurut ahli, umumnya hanya memiliki panjang 1mm, dan dapat mengelupas layaknya kulit, yang terjadi dalam proses deskuamasi.

Namun menurut ahli dari Cleveland Clinic, ketika tidak ada abrasi yang terjadi di dalam mulut, seperti disebabkan oleh rutinitas orang makan, atau menggosok lidah (dengan sikat gigi), nodul kecil ini bisa tubuh dan memanjang, bahkan hingga 18mm.

Setelah itu, bakteri dan ragi yang berkumpul di area tersebut, akan mempebanyak dirinya menyebabkan perubahan warna pada lidah.

Ketika papila ini terlalu panjang, produksi keratin yang tidak diinginkan pun terjadi. Menyebabkan nodul ini terlihat memanjang seperti rambut atau bulu.

Selain warna lidah pada umumnya, warna hitam, kuning dan putih akan muncul pada lidah mereka yang terkena lingua villosa nigra.

Pada kasus warna kuning yang ditemukan pada pria India ini, hal itu menurut ahli, mungkin disebabkan oleh terperangkapnya sisa makanan pada rambut di lidah.

Menurut dokter, kondisi ini pada dasarnya tidak membahayakan, hanya saja menandakan buruknya kesehatan rongga mulut penderitanya.

Lingua villosa nigra ini menurut ahli, juga dapat disebabkan oleh kebiasaan orang merokok, minum miras, penggunaan narkoba, minum kopi, dehidrasi dan konsumsi medikasi tertentu.

Sumber: