Daftar Penyakit ini Bikin Orang Sering Ngantuk di Siang Hari

Daftar Penyakit ini Bikin Orang Sering Ngantuk di Siang Hari

5 Cara Hilangkan Ngantuk di Pagi Hari, Dijamin Bisa Produktif Sepanjang Hari--Pixabay/Sammy-Sander

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mengantuk adalah salah satu reaksi tubuh manusia, ketika mereka merasa kelelahan. Sebab itu tidur di malam hari, adalah waktu yang paling tepat untuk mengembalikan energi yang habis terkuras.

Namun bagaimana jika Anda justru mengantuk saat jam kerja? Terlebih hal ini rutin terjadi setiap harinya.

Menurut ahli, mengantuk saat jam kerja atau siang hari, bisa disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan.

(BACA JUGA:Pembuluh Darah Anda Menyempit, Ini Penjahatnya Menurut dr. Zaidul Akbar)

Salah satunya adalah penyakit gula atau diabetes. Mereka yang diabetes umumnya merasa ngantuk setelah jam makan. Hal ini menandakan kadar gula dalam tubuh sedang tinggi-tingginya.

Selain diabetes, penyakit yang dapat dikaitkan dengan rasa kantuk adalah anemia. Rasa kantuk pada mereka yang anemia, adalah disebabkan rendahnya kandungan zat besi dalam tubuh.

Kuranganya pasokan oksigen di dalam darah, menjadi salah satu alasan mengapa penderita anemia kerap dihantui rasa kantuk.

Mereka yang juga punya penyakit jantung, disebut ahli, kerap bermasalah dengan tidurnya di malam hari. Efeknya sangat jelas terasa di siang harinya. Sama halnya juga mereka yang menderita darah tinggi.

Sementara itu pada mereka yang mengalami obesitas, atau berat badan berlebih, masalah metabolisme tubuh adalah menjadi penyebab rasa kantuk yang tidak diinginkan.

Seperti halnya penderita diabetes, mereka yang obesitas kerap mengantuk di siang hari, selain juga seusai menyantap makanan.

Obesitas atau kegemukan memang berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh dan sistem kerja organ tubuh. Biasanya orang yang memiliki berat badan berlebihan akan sering merasa mengantuk pada siang hari atau sesudah makan.

Dari sekiam banyak penyebab, mereka yang punya masalah dengan tidurnya, tentu tidak boleh dilupakan dalam daftar ini.

Ada berbagai jenis gangguan tidur, yang menyebabkan seseorang bisa mudah mengantuk di siang harinya.

Mereka yang mengalami gangguan pernapasan, gelisah, cemas dan mendengkur saat tidur adalah mereka yang pastinya akan berhadapan dengan ancaman kantuk saat matahari sedang tinggi-tinginya.

Cara Atasi Rasa Kantuk

Menurut penggagas jurus Sheat Rasulluah, dr. Zaidul Akbar, rasa kantuk dapat diatasi dengan cara bergerak saat mengantuk. Hal ini diyakini dapat membantu kita jadi lebih terjaga.
"(Ketika ngatuk) coba untuk stretching (merenggangkan otot), hal ini dapat mencegah ngantuk. Karena aliran darah akan menjadi lebih lancar setelah melakukan gerakan tadi," kata dr. Zaidul Akbar seperti dikutip FIN dari channel YouTube resminya.



Sumber: