Kepala Otorita IKN Nusantara Bakal Dilantik Jokowi Hari Ini

Kepala Otorita IKN Nusantara Bakal Dilantik Jokowi Hari Ini

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bakal melantik Kepala dan Wakil Otorita IKN Nusantara hari ini di Istana Kepresidenan Jakarta--Instagram/@jokowi

JAKARTA, FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melantik Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada hari ini, Kamis 10 Maret 2022. 

Berdasarkan informasi dari sumber Fin.co.id, Mantan Plt Menteri perhubungan, Bambang Susantono ditunjuk Jokowi untuk memimpin IKN Nusantara. 

Sosok Bambang Susantono merupakan kriteria calon pimpinan otorita IKN Nusantara yang sesuai dengan keinginan Jokowi, karena berasal dari kalangan profesional dan non partai. 

(BACA JUGA:Alasan Hukuman Edhy Prabowo Didiskon Bikin Geregetan, Warganet: Koruptor Lebih Dimuliakan dari pada Ulama!)

Rekam jejak Bambang Susantono di sektor infrastruktur juga sudah terbukti, karena sebelum menjadi Plt Menhub, dirinya mengisi jabatan sebagai Wakil Menteri perhubungan mendampingi EE. Mangindaan sebagai Menhub ketika itu. 

"(Bambang Susantono) akan dilantik hari ini," ujar sumber Fin.co.id. dikutip Kamis 10 Maret 2022. 

Selain itu, beredar kabar pula bahwa Presiden Jokowi juga akan melantik Wakil Kepala Badan Otorita IKN Nusantara yakni Dhony Rahajoe. 

(BACA JUGA:Hukuman Edhy Prabowo Dipotong 4 Tahun, KPK Ingatkan MA: Korupsi Adalah Kejahatan Luar Biasa!)

Sementara untuk pelantikan Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita akan digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Kamis 10 Maret 2022 pukul 15.00 WIB.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Wandy Tuturoong mengatakan, pengumuman siapa yang akan menjadi Kepala Otorita IKN jika disesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN yang diteken Presiden Joko Widodo pada 18 Februari 2022 lalu, seharusnya akan diumumkan ke publik maksimal tanggal 18 Maret 2022. 

"Kalau berdasarkan jadwal ya bulan ini, mestinya sekitar tanggal 18-an," ujar Wandy dalam keterangannya, Kamis 3 Maret 2022, dikutip dari PMJ News.

(BACA JUGA:Brantas Abipraya Kebut Selesaikan Bendungan Sepaku Semoi di IKN)

Wandy menjelaskan, Presiden Joko Widodo sudah mengantongi nama calon yang nantinya akan memimpin IKN di Kalimantan Timur.

Nama ini sesuai dengan kriteria yang sebelumnya pernah ditetapkan yakni berasal dari non partai politik, mantan kepala daerah serta memiliki latar belakang arsitek.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: