KIA Bakal Rilis 16 Model Kendaraan Listrik pada Tahun 2027

KIA Bakal Rilis 16 Model Kendaraan Listrik pada Tahun 2027

KIA Cirp tengah mempersiapkan 16 model mobil listrik yang akan di launching pada 2027-Istimewa-KIA

JAKARTA, FIN.CO.ID - Produsen kendaraan asal Korea Selatan, Kia Corp. tengah mempersiapkan proyek kendaraan listrik untuk bersaing di industri otomotif. Rencananya, Kia akan merilis 14 model kendaraan listrik pada 2027 dengan target penjualan 1,2 juta kendaraan listrik (EV) di pasar global, pada 2030.

Tak tanggung-tanggung, untuk meningkatkan jajaran EV dan mencapai target penjualan Kia bahkan akan menginvestasikan 28 triliun won (23 miliar dollar AS) dalam solusi mobilitas masa depan pada 2026, Presiden dan Kepala Eksekutif Kia Song Ho-sung mengatakan pada CEO Investor Day tahun ini.

"Kami akan fokus pada peningkatan penjualan EV di empat pasar utama - Korea Selatan, Amerika Serikat, Eropa, dan China, di mana permintaan EV meningkat dan peraturan semakin ketat terhadap mobil mesin pembakaran," kata Song dikutip Yonhap, Sabtu 5 Maret 2022. 

(BACA JUGA:Daihatsu Kenalkan Teknologi All New Xenia ke Guru SMK se-Jawa Timur)

Kia berencana untuk memproduksi model EV lokal di pabrik globalnya di Eropa, Amerika Serikat, China, dan India, dengan fasilitas dan personilnya di Korea Selatan yang berfungsi sebagai pusat pengembangan dan produksi EV, katanya.

Pada 2021 lalu, Kia meluncurkan sedan EV6, model EV pertamanya yang disematkan dengan platform modular global listrik (E-GMP) EV-only milik Hyundai Motor Group.

Mereka berencana untuk memperkenalkan kendaraan sport EV9 andalannya tahun depan dan truk pikap listrik dan EV lainnya hingga 2027.

(BACA JUGA:Ramai-Ramai Pabrikan Otomotif Boikot Jual Kendaraan ke Rusia)

Kia mengatakan kendaraan listrik murni akan mencapai 30 persen dari target penjualan global 4 juta unit untuk tahun 2030. Target global 2030 adalah 27 persen lebih tinggi dari 3,15 juta unit yang terjual tahun lalu.

Sumber: