Usai Dukung Resolusi PBB, Menlu RI Retno Mendadak Ditelfon Wamenlu AS, Ada Apa?

Usai Dukung Resolusi PBB, Menlu RI Retno Mendadak Ditelfon Wamenlu AS, Ada Apa?

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Amerika Serikat Wendy R. Sherman berterima kasih dan bangga kepada Pemerintah Indonesia.

Pasalanya, Indonesia turut mendukung resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Ukraina.

Apresiasi itu disampaikan Wamenlu AS Wendy Sherman saat berbicara melalui telepon dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada Rabu 2 Maret 2022.

(BACA JUGA:Sekjen PBB: Akhiri Permusuhan di Ukraina, SEKARANG!)

Dalam pembicaraan tersebut, Wamenlu Sherman mengecam serangan Rusia yang direncanakan, tidak beralasan, dan tidak dibenarkan terhadap Ukraina

Sebelumnya, Majelis Umum PBB pada Rabu lalu mengadopsi sebuah resolusi yang menuntut Rusia untuk segera mengakhiri serangannya di Ukraina.

"Resolusi Majelis Umum PBB hari ini mencerminkan kebenaran yang sesungguhnya," kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterrres melalui akun Twitter resminya.

(BACA JUGA:Akibat Invasi Rusia ke Ukraina, PBB Klaim Ratusan Warga Sipil Tewas, Jumlahnya Bisa Saja Meningkat)

"Masyarakat dunia ingin agar penderitaan yang dialami oleh korban dari serangan di Ukraina tersebut segera berakhir," kata Guterres.

Di sisi lain, Presiden Majelis Umum PBB Abdulla Shahid menegaskan bahwa resolusi tersebut menuntut agar Rusia segera sepenuhnya dan tanpa syarat menarik semua pasukan militer dari wilayah Ukraina,

"Saya bersama dengan negara-negara anggota (PBB) ingin menyuarakan kekhawatiran kami terhadap 'laporan tentang serangan di sejumlah fasilitas sipil seperti permukiman, sekolah dan rumah sakit, serta serangan terhadap warga sipil, termasuk perempuan, lansia, dan penderita disabilitas serta anak-anak'," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Aulia Nur Arham

Tentang Penulis

Sumber: antara