Makan Tempe ala dr. Zaidul Akbar, tanpa Dimasak Cukup dengan Luluran Madu, Apa Manfaatnya?

Makan Tempe ala dr. Zaidul Akbar, tanpa Dimasak Cukup dengan Luluran Madu, Apa Manfaatnya?

Cara alami untuk mengobati diare adalah dengan makan tempe--Image oleh Dian A. Yudianto dari Pixabay

JAKARTA - Lewat akun Instagram-nya, pakar kesehatan Islam dr. Zaidul Akbar menganjurkan orang untuk makan tempe dengan luluran madu.

Tempe tanpa digoreng atau dimasak, masih fresh dari balutan daun pisang, dipotong lalu diluluri dengan madu secukupnya.

Menurut pakar Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu, makan tempe dengan madu, akan sangat baik untuk pencernaan mereka yang mengkonsumsinya.

"Salah satu makanan terbaik yang saya sangat rekomen di masa sekarang. Mengapa? Karena memang punya manfaat yang sangat banyak," kata dr. Zaidul Akbar dalam postingannya.

"(Salah satu fungsinya) meningkatkan keragaman dari mikrobiom di pencernaan kita. Sehat dan enak tentunya, karena memang kombinasi dua makanan (ini) saling support," tambah dr. Zaidul Akbar.

dr. Zaidul Akbar juga menjelaskan mengapa ia tidak terlebih dahulu memasak tempe luluran madu ini sebelum dimakan.

"Tempe sebelum diberikan raginya , KEDELAINYA SUDAH DIREBUS TERLEBIH DAHULU, maka sejatinya tempe itu udah mateng kacang kedelainya," kata dr Zaidul Akbar.

"Namun, bahasa orang awam ya kalau gak digoreng ya namanya tempe mentah, padahal kedelainya udah direbus, jadi sebenarnya udah matang kan?".

Manfaat Sehat Makan Tempe menurut Healthline:

1. Tempe kaya gizi

Meski harganya murah, namun kandungan gizi yang ditawarkannya tiada banding. Selain kaya protein, vitamin dan mineral, tempe terkenal rendah kalori dan karbohidrat.

2. Menawarkan probiotik

Tempe dibuat menggunakan proses fermentasi yang melibatkan bakteri dan ragi. Makanan hasil fermentasi adalah sumber probiotik yang baik. Makan tempe dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda.

3. Kaya protein

Tempe sangat kaya akan protein. Dari 166 gram protein setidaknya terdapat 31 gram protein. Beberapa studi telah menunjukan bahwa konsumsi protein, salah satunya makan tempe, sangat baik dalam menunjang diet, dan membantu meningkatkan proses pembakaran lemak.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan isoflafon yang ditawarkan kedelai, bahan dasar tempe, menurut hasil beberapa studi, mampu membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol.

5. Menurunkan stress oksidatif

Makan tempe menyehatkan karena juga isoflafon pada kedelai, berkhasiat menurunkan stress oksidatif yang bertanggungjawab atas beberapa masalah kesehatan. Sifat antioksidan yang dimilikinya mampu menetralisir radikal bebas, yang merupakan sumber dari banyak penyakit pada manusia.

6. Menyehatkan tulang

Konsumsi tempe juga baik untuk membantu menjaga agar tulang selalu dalam kondisi yang prima. Kalsium yang dikandung tempe dapat mencegah osteoporosis, yang umumnya terjadi sejalan bertambahnya usia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: