Abu Janda Diduga Ragukan Al-Quran Soal Masjid Al-Aqsa, NU Jatim Beri Respon Menohok!

Abu Janda Diduga Ragukan Al-Quran Soal Masjid Al-Aqsa, NU Jatim Beri Respon Menohok!

Abu Janda atau Permadi Arya berpose di Masjid Al-Aqsa -Instagram-

JAKARTA,FIN.CO.ID- Peneliti di Center PWNU Jawa Timur, Abdul Wahab Ahmad atau Gus Wahab, merespon pernyataan pegiat media sosial, Permadi Arya atau Abu Janda yang meragukan kebenaran Alquran tentang Masjid Al-Aqsa. 

Gus Wahab menyarankan Abu Janda agar banyak baca literasi Islam sebelum berkomentar tentang Islam dan Alquran melalui media sosial. 

"Sebelum bicara dengan nada meragukan informasi al-Qur'an, harusnya Permadi alias Abu Janda ini belajar sejarah yang beneran, jangan cuma baca secuil lalu komen sok yes," kata Gus Wahab dikutip dari akun Facebook-nya Rabu 2 Maret 2022.

(BACA JUGA:Abu Janda Heran, Rasulullah Isra Miraj dari Masjid Al-Aqsa, Katanya Begini... )

Gus Wahab menjelaskan berdasarkan dalil-dalil sahih dari hadis Nabi Muhammad SAW bahwa Masjid Al-Aqsa adalah Masjid tertua ke dua di dunia. Disebutkan bahwa Masjid Al-Aqsa dibangun dari zaman sebelum Masehi. 

"Dari Abu Dzarr dia berkata: Aku bertanya pada Rasulullah: "Masjid apakah yang pertama dibangun di muka bumi?" Rasulullah menjawab:  "Masjidil Haram". Aku bertanya, "Lalu apa?". Rasul bersabda: "Masjidil Aqsha". Aku bertanya lagi: "Barapa lama jarak antara kedua pembangunan itu?". Rasulullah menjawab: "40 tahun".  (HR. Muslim)," demikian tulis Gus Wahab. 

(BACA JUGA:Sindir Munarman, Abu Janda Minta Aparat Penembak Laskar FPI Dibebaskan: Mereka Tak Salah!)

Dia menjelaskan bahwa kalau merujuk pada hadis tersebut, maka masjidil Aqsha dibangun 40 tahun pasca dibangunnya ka'bah. 

Beberapa sejarawan bahkan menulis bahwa pertama kali ia dibangun oleh Nabi Adam.

"Jadi di masa Nabi Muhammad masjid ini sudah sangat terkenal baik oleh orang Arab atau pun non-Arab, muslim atau non-muslim, namun saat itu terkenal dengan nama Baitul Maqdis."

"Ia menjadi Kiblat shalat pertama umat islam sebelum akhirnya Kiblat diubah menjadi ke arah ka'bah," papar Gus Wahab. 

(BACA JUGA:Adakah Puasa Khusus untuk Hari Isra Miraj? )

Adapun yang disebut oleh si Abu Janda, sambung Gus Wahab, bahwa Al-aqsa dibangun pada era dinasti Umayah, itu hanya sekedar pemugaran ulang, bukan pembangunan pertama kali.

"Jadi seharusnya dia bertanya ke orang yang tahu kalau dia menemukan bacaan yang menurut dirinya aneh, bukan malah menyimpulkan yang tidak-tidak seolah-olah al-Qur'an salah."

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: