Penderita Diabetes Tidak Bisa Sembuh, tapi Bisa Alami Remisi Diabetes

Penderita Diabetes Tidak Bisa Sembuh, tapi Bisa Alami Remisi Diabetes

Buah yang aman untuk diabetes, Image oleh stanias dari Pixabay--

JAKARTA - "Bagaimana cara sembuh dari diabetes?" ini adalah pertanyaan yang kerap ditanya mereka, yang mungkin baru didiagnosa menderita diabetes.

Jawabannya menurut ahli, mereka yang menderita diabetes tidak dapat sembuh dari kondisi ini, akan tetapi dapat mengontrolnya.

Akan tetapi, pada suatu titik, seorang penderita diabetes dapat merasakan apa yang disebut dengan remisi diabetes.

(BACA JUGA:Penyebab Leher Menghitam, Tebal dan Kasar, Diabetes Salah Satunya)

Remisi diabetes adalah sebuah kondisi di mana penderita diabetes, menunjukan kadar gula darah layaknya orang sehat.

Remisi diabetes sendiri dapat terjadi dalam waktu cukup lama, hitungan beberapa bulan. Membuat penderita diabetes terbebas dari penggunaan obat-obatan tertentu.

Mereka yang menunjukan nilai HbA1C di bawah 6,5, berlangsung lebih dari tiga bulan, adalah mereka yang mengalami remisi diabetes, atau diabetes yang terkendali.

"Remisi pada pasien dengan diabetes pada dasarnya, adalah suatu kondisi ketika pasien diabetes memiliki kadar gula darah yang normal, sehingga tidak memerlukan konsumsi/penggunaan obat anti diabetes rutin kembali," kata dr. Velika Devina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

"Remisi ini sendiri tidak memiliki waktu yang pasti seberapa lama dapat bertahan, karena diabetes dapat muncul kembali, terutama jika pola hidup sehat seperti saat diabetes masih ada tidak dipertahankan," jelas dr. Velika Devina.

Ia juga melanjutkan bahwa kondisi ini tidak tentu dan tidak pasti bagaimana bisa dicapai. Namun yang jelas lanjutnya, perubahan gaya hidup sehat dan konsumsi obat-obatan diabetes, adalah beberapa kuncinya.

"Dan perlu dimengerti serta diingat bahwa remisi (diabetes) ini, tidak selalu terjadi pada pasien-pasien diabetes," ungkapnya.

Ia kembali melanjutkan bahwa, yang terpenting dari diabetes, adalah menjalani pola hidup sehat khusus untuk orang diabetes dengan baik.

Dan tidak hanya rutin menkonsumsi obat yang diperuntukan diabetes, rutin memeriksakan kondisi ke dokter, adalah salah satu perubahan yang wajib dijalani penderita penyakit gula ini.

(BACA JUGA:Apa Boleh Mengganti Gula Pasir dengan Madu jika Diabetes? )

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: