Bertentangan dengan Ajaran Islam, Patung Jokowi Ditolak di Mandalika

Bertentangan dengan Ajaran Islam, Patung Jokowi Ditolak di Mandalika

Patung Presiden Joko Widodo telah tiba di Lombok dan akan segera dipasang di Sirkuit Mandalika.-ist-net

PRAYA, FIN.CO.ID - Warga menolak pemasangan pantung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di depan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tokoh agama yang tergabung dalam Forum Komunikasi dan Silaturahmi Pondok Pesantren (FKSPP) Lombok Tengah menilai selama ini Lombok terkenal dengan religi yang tinggi.

Ketua FKSPP Lombok Tengah, TGH Hasan Basry menyatakan kalau pihaknya menolak pemasangan patung Presiden RI, Joko Widodo, yang akan dipampang di depan sirkuit Mandalika. 

Karena Lombok terkenal dengan pulau seribu masjid, dan terkenal dengan seribu penghafal Al-Qur’an atau Huffaz. 

“Kami atas nama FKSPP Lombok Tengah, menolak pembangunan patung bapak Presiden kita di KEK Mandalika. Lombok terkenal dengan seribu pondok pesantren, terkenal dengan seribu tuan guru. Dan terkenal juga dengan masyarakat yang agamis,” tegasnya dilansir radarlombok, Minggu, 27 Februari 2022.

Disampaikan juga, bahwa yang namanya patung biasanya disematkan atau dibuatkan kepada seseorang yang telah memiliki jasa, seperti para pahlawan yang sudah meninggal. Sementara Presiden Joko Widodo sampai saat ini masih hidup, dan baginya tidak pas orang yang masih hidup dibuatkan patungnya.

“Orang masih hidup dibuatkan patung. Dalam hukum Islam, membuat patung itu juga ada yang berpendapat itu haram. Karena nanti orang yang membuat patung akan diminta oleh Allah untuk membuatkan nyawa atau rohnya, dan manusia jelas tidak akan mampu membuatkan itu,” terangnya.

Lebih jauh disampaikan bahwa persoalan jasa Presiden di NTB, khususnya di Lombok Tengah, semua orang telah mengakuinya. Namun bukan berarti harus menghalalkan semua cara, termasuk membuat patungnya, tanpa minta pendapat dari masyarakat atau tokoh-tokoh NTB, agar tidak menjadi persoalan ditengah masyarakat.

“Joko Widodo adalah Presiden kami. Tapi mohon hormati kami. Jika ingin membuat patung untuk di pasang agar mohon libatkan kami. Minta pendapat kami, dan jangan jadikan adanya patung ini memecahkan kami di Lombok,” tegasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) Lombok Tengah, TGH Habib Ziadi. Pihaknya menolak, karena dianggap sangat bertentangan dengan ajaran agama Islam. 

“Ini merupakan suatu yang bertentangan dengan syari’at Islam. Makanya secara pribadi saya menolak. Bukan karena itu patung Presiden, tapi memang bertentangan dengan agama,” terangnya.

Sementara itu, pihak ITDC belum memberikan respon saat dikonfirmasi terkait dengan rencana pemasangan patung Presiden RI tersebut. Persiapan pemasangan patung ini hingga kini masih terus dilakukan. Bahkan saat ini pengerjaan konstruksi yang menjadi lokasi pemasangan patung masih terus dikerjakan di dekat pintu masuk sirkuit.

Pantauan Radarlombok, para pekerja terus bekerja untuk menyelesaikan pembangunan konstruksi tempat patung tersebut akan dipasang. Sejumlah alat berat terlihat dikerahkan untuk menyelesaikan pemasangan patung orang nomor satu di Indonesia tersebut, hingga mesin untuk las besi juga tetap disiagakan di lokasi.

“Kita belum mengetahui kapan rencana akan mulai dipasang. Karena kita hanya bertugas dalam membuat konstruksi tempat pemasangan saja. Tapi tinggal sebentar juga lokasi pemasangan ini sudah jadi. Kita sudah mengerjakan ini sekitar empat hari ini,” ungkap Junaidi, salah seorang pekerja yang ditemui di lokasi, Jumat (25/2).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: