Survei Publik Puas dengan Kinerja Jokowi, Rizal Ramli: Hentikan Manipulasi Berbayar Itu

Survei Publik Puas dengan Kinerja Jokowi, Rizal Ramli: Hentikan Manipulasi Berbayar Itu

Rizal Ramli--Tangkapan layar Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID- Ekonomi senior Rizal Ramli menyindir hasil sejumlah lembaga survei yang merilis tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi di tahun 2022. 

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) misalnya, mengeluarkan hasil survei di mana tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi sebesar 71 persen.

Hasil survei ini dirilis bertepatan dengan adanya kelangkaan minyak goreng di tengah masyarakat dan polemik kebijakan tabungan jaminan hari tua (JHT) yang hanya bisa diambil di usia 56 tahun. 

Rizal Ramli menilai, lembaga survei seolah memanipulasi opini publik.

(BACA JUGA:Cokro TV Denny Siregar Cs Diduga Sebar Hoaks, Rizal Ramli: Ngaduk-ngaduk Supaya Radikal-Radikul!)

“Semakin bermasalah, semakin banyak surveyRP abal-abal yang dilakukan pollsteRP berbayar. Yang melakukan manipulasi opini berbayar banyak barang-barang langka, harga-harga BBM, Gas, Listrik, PPN naik. Tapi pollsteRp berbayar tega-teganya melakukan ini,” tulis Rizal Ramil di akun Twitter-nya, Rabu 23 Februari 2022. 

Mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim nempak heran. Pasalnya, di tengah naiknya harga kebutuhan pokok, ekonomi merosot, tapi tingkat kepuasan ke Pemerintah justur naik.

“Lagi mikir-mikir apa ada teori ekonomi baru: Harga-harga naik, daya beli merosot dan pengangguran naik, tapi kepuasan malah naik.?,” ujarnya.

“Eh SurveyRP yang dilakukan oleh rombongan dagelan PollsteRp, hentikanlah manipulasi opini publik berbayar itu?,” imbuh Rizal Ramli.

(BACA JUGA:Jokowi Minta Menaker Revisi Aturan JHT, Rocky Gerung: Negara Ada Kepala, Tapi Kepala Tidak Ada Isinya)

Indikator Politik Indonesia atau IPI  merilis hasil survei soal kinerja Presiden Jokowi periode Januari-Februari 2022. 

Sebanyak 71 persen masyarakat menyebut puas dengan kinerja Jokowi. 

Survei yang digelar pada 15 Januari-17 Februari 2022 dengan menyasar warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas dan memiliki akses internet lewat smartphone. Total responden survei tersebut berjumlah 626 orang.

Para responden diminta mengisi kuesioner secara online dengan asumsi metode simple random sampling. Adapun margin of error survei ini +- 4,0 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Nama

Tentang Penulis

Sumber: