Canggih dan Lengkap, Fasilitas Pelatihan Pengemudi Milik Hino di Purwakarta

Canggih dan Lengkap, Fasilitas Pelatihan Pengemudi Milik Hino di Purwakarta

Fasilitas HTSCC milik Hino untuk pelatihan bagi pengemudi truk dan bus -HMSI-

JAKARTA, FIN.CO.,ID - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mendapat kunjungan dari Politeknik Transportasi Darat Bali (Poltrada Bali) Kementerian Perhubungan. 

Poltrada Bali melakukan studi banding ke fasilitas Hino Total Support Customer Center (HTSCC) yang merupakan fasilitas pelatihan pengemudi yang dimiliki Hino yang terletak di Kota Bukit Indah, Purwakarta. 

HTSCC sendiri baru Hino resmikan pada tanggal 27 Januari 2022 lalu yang merupakan pusat pelatihan pengemudi dengan total luas lahan 24.000 meter persegi yang diperuntukan untuk pelatihan berkendara truk dan bus yang aman, karena di fasilitas ini diberikan pelatihan seperti teknik safety driving, teknik pengereman, mengemudi yang baik, mengemudi yang ekonomis, pemeriksaan harian, dan teknik blind spot. 

(BACA JUGA:TVS Motor Company Akuisisi 75 Persen Saham Swiss E-Mobility Group )

Tidak hanya lintasan pelatihan, di dalam gedung terdapat driving simulator dan kelas – kelas bagi pengemudi yang mengikuti pelatihan mengacu kepada standar BNSP, karena di  HTSCC juga dibekali dengan para instruktur yang handal, terlatih dan tersertifikasi.

Rombongan Poltrada Bali yang dipimpin oleh Efendhi Prih Raharjo selaku Direktur Poltrada Bali disambut langsung oleh Irwan Supriyono, After Sales Director HMSI. 

Kegiatan studi banding ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan sinkronisasi pembelajaran dengan dunia usaha / dunia industri dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang transportasi darat dan logistik.

(BACA JUGA:Lima Model Daihatsu ini Dapat Keringanan Pajak PPnBM DTP)

Kegiatan diawali dengan paparan terkait profil HTSCC dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Hino dilanjutkan dengan tanya jawab dan tinjauan lapangan fasilitas yang ada di HTSCC seperti fasilitas gedung, kelas – kelas.

HTSCC juga memiliki fasilitas seperti driving simulator dan tinjauan fasilitas praktek yang ada di HTSCC seperti blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan Safety brake.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Perhubungan Darat terus bersinergi dengan pihak – pihak terkait termasuk Hino, untuk berkomitmen mewujudkan keselamatan melalui beberapa program dan kegiatan guna menciptakan sistem pelayanan transportasi darat yang aman dan selamat untuk masyarakat. 

(BACA JUGA:BRIN dan ORIPT Kembangkan Mobil Listrik Otonom untuk Transportasi di IKN Nusantara)

Komitmen itu telah disepakati dan telah disosialisasikan berulangkali baik kepada para pengusaha, pemilik kendaraan angkutan barang, serta masyarakat pengguna angkutan barang agar kendaraan yang digunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan juga pengemudi memiliki keterampilan.

“Hino sangat senang mendapat kunjungan dari Poltrada Bali Kemenhub yang saat ini menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bidang transportasi darat dan logistik,"  ujar Santiko Wardoyo, COO Director HMSI dalam keterangan tertulis, Selasa 22 Februari 2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: