Makan Sambel Gak Cuma Enak, Ini Benefitnya di Kemudian Hari

Makan Sambel Gak Cuma Enak, Ini Benefitnya di Kemudian Hari

Makan sambel memberikan benefit sehat, Image: FIN--

JAKARTA - Bagi sebagian orang Indonesia, makan tanpa sambel yang terbuat dari salah satunya cabe itu, sepertinya kurang mengenakan dan memuaskan.

Sebut saja ikan, ayam, bebek atau makan telur sekalipun, terasa lebih nikmat dengan ditemani sambel.

Namun tahukah Anda, tidak cuma nikmat di lidah, makan dengan sambel memberikan benefit sehat tersendiri.

(BACA JUGA:Makan Tahu Bikin Panjang Umur?)

Benefit yang dimaksud di sini, adalah manfaatnya memperpanjang umur seseorang.

Hal ini diungkap sebuah studi AS, melibatkan data 16 ribu orang yang gemar memakan makanan pedas.

Dari situ, ditemukan bahwa mereka yang rutin memakan makan pedas, punya risiko lebih rendah meninggal dunia dibanding mereka yang tidak hobi makan pedas.

Para peneliti University of Vermont College of Medicine Mustafa Chopan dan Benjamin Littenberg yang terlibat dalam studi ini, merilis temuan tersebut pada jurnal PLOL One.

Apa Itu Cabe

Cabe sendiri adalah buah yang dihasilkan dari tanaman bernama Capsicum. Macamnya pun beragam dengan tingkat kepedasan yang berbeda pula.

Meski para paneliti tidak dapat menunjukan data secara gamblang mekanisme apa yang terjadi yang mendukung temuan ini, namun mereka berpendapat bahwa hal ini ada kaitannya dengan kandungan kapsaisin pada cabe.

kapsaisin sendiri disebutkan mampu menurunkan risiko tubuh, akan obesitas atau kegemukan.

Perlindungan atas obesitas ini kemudian dikatikan dengan penurunan resiko penyakit kardiovaskuler, metabolik, penyakit paru-paru dan juga penyakit jantung.

Gemar memakan sambel juga dikaitatkan dengan penurunan risiko kanker, selain perlindungan terhadap sistem pencernaan dengan membantu membersihkan organ usus besar anda.

Manfaat Makan Cabe Ijo

Sementara itu menurut studi lain, makan cabe ijo dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel leukimia dan mencegah kanker prostat.

Konsumsi cabe ijo juga menawarkan zat besi yang dibutuhkan tubuh, untuk membantu meningkatkan kadar hemoglobin juga suplai oksigen pada sel-sel tubuh.

Makan cabe ijo yang kaya vitamin A dan vitamin C, bagus untuk mendorong kesehatan kulit.

Kebiasaan makan cabe ijo juga disebut bagus untuk mendorong sistem kekebalan tubuh dan menjaga Anda agar tidak mudah sakit.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: