Erick Thohir akan Bantu NU Dirikan Badan Usaha, PBNU: Patut Didukung

Erick Thohir akan Bantu NU Dirikan Badan Usaha, PBNU: Patut Didukung

Kantor PBNU-(Foto: NU Online/Muchlishon)-

JAKARTA, FIN.CO.ID -  Menterian BUMN, Erick Thohir berkomitmen membantu Nahdatul Ulama (NU) untuk mendirikan 250 badan usaha sendiri, yakni BUMNU. 

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyambut baik keinginan Erick Thohir 

Wasekjen PBNU, Faisal Saimima mengatakan kerjasama Kementerian BUMN dan PBNU menunjukan kepeduliannya Erick Thohir terhadap warga Nahdliyyin dalam menumbuh kembangkan ekonomi umat. 

Menurut Faisal, kedepan NU didorong memiliki badan usaha sendiri dengan 250 badan usaha yang akan disebar sekurang-kurangnya di 130 cabang di Indonesia, tentu dengan melihat potensi pengembangan usaha di masing-masing cabang.

(BACA JUGA:Dilantik Jadi Gubernur Lemhannas, Andi Widjajanto Ngaku Dapat Arahan dari Jokowi dan Megawati, Katanya...)

"Ide menumbuh kembangkan badan usaha milik NU sebagai pengembangan potensi dari jumlah anggota NU adalah ide yang luar biasa dan patut didukung oleh segala lapisan struktur maupun kultur di lingkungan NU," kata Faisal di Jakarta, Senin 21 Februari 2022. 

Dikatakan Faisal, dengan menjadikan Badan Usaha Milik NU yang ditopang oleh Kementerian BUMN, maka akan mempercepat kemandirian ekonomi anggota dan organisasi.

"Sehingga mampu mempercepat program pemerintah dalam menumbuh kembangkan sektor ekonomi masyarakat Indonesia," ujar Faisal. 

Faisal berharap gagasan besar ini tidak hanya sekadar penandatanganan kerja sama di atas kertas, namun akan diteruskan dengan pembentukan dan pengembangan unit-unit usaha milik NU di tingkat bawah. 

(BACA JUGA:Kepala IKN Nusantara Ditunjuk dan Dilantik Jokowi, Tapi Konsultasi Dahulu ke DPR )

"Sebab orientasi program dari Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf adalah implementasi program ada pada tingkat pengurus wilayah dan cabang Nahdlatul Ulama.  PBNU hanya memfasilitasi dan mengawal agar program terealisasi di tingkatan bawah," tandasnya. 

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mendorong Nahdlatul Ulama (NU) memiliki 250 'BUMN' sendiri. Para ahli di BUMN akan dilibatkan untuk membantu hal ini. 

Erick menjelaskan, pandemi Covid-19 tak hanya menekan sendi-sendi kesehatan tapi juga perekonomian. Dia pun menyebut BUMN harus bisa mengintervensi kesenjangan ekonomi yang terjadi. 

"Diimplementasikan hari ini dengan menandatangani kerja sama antara BUMN-nya punya NU dan BUMN punya Indonesia," ujar Erick.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Nama

Tentang Penulis

Sumber: