Gus Yaqut Usul Biaya Haji Naik Rp45 Juta, Warganet Nyindir: Jabatan Hasil Giveaway Begini Jadinya!

Gus Yaqut Usul Biaya Haji Naik Rp45 Juta, Warganet Nyindir: Jabatan Hasil Giveaway Begini Jadinya!

Gus Yaqut Usul Biaya Haji Naik Rp45 Juta--Instagram/@gusyaqut

JAKARTA, FIN.CO.ID - Publik kini tengah menyoroti wacana Kementerian Agama akan menaikkan biaya perjalan Haji 2022.

Kemenag mengusulkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) reguler 1443 Hijriah/2022 Masehi sebesar Rp45.053.368 per orang.

"Usulan biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi sebesar Rp45.053.368 per jamaah," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

(BACA JUGA:Keciduk Polisi, Pencuri Ini Malah Merengek Manggil Nama Ibunya: Mama, Mama)

Ia mengatakan rincian komponen yang dibebankan kepada jamaah haji dalam usulan BPIH, yakni biaya penerbangan, biaya hidup, sebagian biaya di Mekkah dan Madinah, biaya visa, dan biaya PCR di Arab Saudi.

Usulan pertimbangan BPIH itu kabarnya untuk menyeimbangkan serta meringankan beban biaya yang harus dibayar seorang calon haji.

"Penyeimbang antara besaran beban jamaah dengan keberlangsungan ibadah haji di tahun berikutnya. Keseimbangan tersebut untuk meringankan jamaah dengan biaya yang harus dibayar," kata dia, dikutip dari Antara.

(BACA JUGA:Cucu Jokowi Dilarikan ke RS, Gibran Rakabuming Batal Pimpin Upacara HUT Kota Solo? Ini Sosok Penggantinya)

Besaran usulan biaya haji ini meningkat dari tahun sebelumnya. Pada 2020 BPIH reguler sebesar Rp31,45 juta hingga Rp38,35 juta, sedangkan pada 2021 menjadi Rp44,3 juta.

Diketahui, penetapan penerbangan haji disusun dengan memperhatikan jarak dari masing-masing embarkasi ke Arab Saudi, prinsip rasionalitas, kewajaran harga, dan kualitas layanan dalam pembiayaan komponen BPIH dengan Standar Biaya Masukan (SBM) yang ditetapkan Menteri Keuangan.

"Dasar pembiayaan di Arab Saudi menggunakan Ta'limatul Hajj yang ditetapkan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Efisiensi dan efektivitas kewajaran biaya," kata Yaqut.

(BACA JUGA:Proyek Pembangunan Bendungan Bener Dihentikan Sementara Gegara Masalah Pembayaran Lahan? Cek Faktanya Disini)

Nantinya, usulan biaya perjalanan ibadah haji reguler ini akan dibahas dalam rapat Panitia Kerja (Panja) DPR RI.

Kabar tersebut ternyata dibagikan oleh sejumlah akun media sosial InstagraM, salah satunya @infotangerang.id

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Aulia Nur

Tentang Penulis

Sumber: