Catat! Kenali 5 Ciri-ciri Gejala Demam Berdarah yang Tak Terduga, Jangan Diremehkan Lho

Catat! Kenali 5 Ciri-ciri Gejala Demam Berdarah yang Tak Terduga, Jangan Diremehkan Lho

Ilustrasi, Penyakit demam berdarah atau biasa disebut DBD disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. (Ist)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Demam berdarah memang cukup sulit terdeteksi, pasalnya hampir menyerupai gejala penyakit lain seperti tipes atau Covid-19. 

Namun anda harus terus waspada, pasalnya demam berdarah berisiko menyebabkan komplikasi bila tidak ditangani denga sigap.

Dikutip dari PMJ News, gejala demam berdarah biasanya akan muncul sekitar 4–7 hari setelah tergigit nyamuk Aedes aegypti. 

(BACA JUGA:Awas! Ini 5 Tanda Anda Mengidap Penyakit Kronis, Gejalanya Cukup Mengerikan)

Adaun berikut beberapa gejalanya, yang anda harus perhatikan:

1. Demam Tinggi

Ciri-ciri demam berdarah yang paling umum terjadi adalah perubahan suhu secara tiba-tiba yang bisa mencapai 40°C. Demam dapat berlangsung hingga 2–7 hari, tetapi suhu tubuh biasanya akan turun pada hari ke-4 atau ke-5, lalu akan naik kembali di hari berikutnya.

Selama demam mereda, bukan berarti penyakit demam berdarah sudah sepenuhnya sembuh, justru proses peradangan masih terus terjadi di dalam tubuh.

2. Ruam Kulit

Selain demam tinggi, ruam merah di kulit juga dapat muncul di bagian wajah, leher, hingga dada. Umumnya, ruam tersebut timbul setelah demam dan berlangsung selama 1–5 hari.

Ruam pada kulit penderita demam berdarah akan berwarna kemerahan dan berbentuk bintik-bintik yang saling berdekatan, sehingga kulit normal di sekitarnya seolah-olah tampak seperti bercak putih.

(BACA JUGA:Ramalan Zodiak Cinta, Kamis 17 Februari 2022: Pisces, Asmaramu Tampaknya Tidak Berjala Romatis)

3. Sakit Kepala

Ciri-ciri demam berdarah lainnya yang muncul adalah sakit kepala, terutama di sekitar dahi hingga bagian belakang mata. Sakit kepala biasanya terasa sangat berat hingga membuat penderitanya sulit beraktivitas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Aulia Nur

Tentang Penulis

Sumber: pmj news