Gus Baha Bilang Sunan Giri Haramkan Wayang, Tokoh NU: Ada yang Berani Bantah?

Gus Baha Bilang Sunan Giri Haramkan Wayang, Tokoh NU: Ada yang Berani Bantah?

JAKARTA, FIN.CO.ID- Sebuah video pendek memperdengarkan ceramah dari ulama Nahdatul Ulama (NU) Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha yang menjelaskan soal Wayang.

Gus Baha menjelaskan bahwa Sunan Giri menghukumi Wayang haram. Pada zaman itu, belum ada Wayang kulit, yang ada hanya Wayang Tenghul yang berbentuk patung menyerupai makhluk hidup. 

"Sunan Kalijaga itu saking inginnya berdakwah, sampai membuat wayang Thengul, itu wayang berbentuk orang. Sunan Giri tidak terima, haram hukumnya membuat patung. Kalau membuat patung, nanti di akhirat disuruh berikan nyawa," kata Gus Baha dilansir video tersebut, Kamis 17 Februari 2022. 

Gus Baha mengatakan, pada awal masuk Islam di Nusantara, hanya ada Wayang Thengul, wayang ini yang dilarang dalam Islam sebab berbentuk patung.

(BACA JUGA:Ngaku Kolektor Wayang, Fadli Zon Gak Ikut-Ikutan Kecam Ustad Khalid: Perbedaan Itu Wajar)

Namun, wayang ini dipakai oleh Sunan Kalijaga untuk sarana dakwah, tetapi diharamkan oleh Sunan Giri. 

"Sunan Kalijaga agak tidak tahu hukum (Islam) karena mantan preman jadi Wali. Akhirnya ditengah-tengah oleh Sunan Kudus yang lebih alim," jelas Gus Baha.

Sunan Kudus kemudian mengusulkan agar Wayang dibuat tipis hingga tidak menyerupai manusia.

"Wayang ini dipeokan saja, terus jadi wayang kulit. kalau wayang Tenghul itu berbentuk patung. Tapi kalau rata seperti kulit, sudah tidak bisa kasih nyawa, orang sudah penyet (tipis)," kata Gus Baha.

(BACA JUGA:Ustad Khalid Basalamah Sebut Wayang Haram, Makmun Rasyid: Salafi-Wahabi Adalah Virus yang Harus Diperangi)

Ceramah Gus Baha tersebut kemudian direspon oleh Tokoh Nahdatul Ulama (NU), Umar Sadat Hasibuan atau Gus Umar di Twitternya.

"Menurut Gus Baha Pendapat Sunan Giri bahwa Wayang Haram. Sedangkan Sunan Kalijaga bolehkan dakwah dengan wayang. Ada yang berani bantah Gus Baha?" kata Gus Umar.

(BACA JUGA:Buya Yahya: Wali Songo Mengislamkan Budaya Wayang dari Cerita-Cerita Syirik Hindu-Budha)

Dia menyayangkan beberapa pihak yang menyerang Ustad Khalid Basalamah terkait Wayang. Padahal, Ustad Khalid tidak mengharamkan Wayang. Lebih parah lagi, ceramah Ustad Khalid dipolisikan. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Nama

Tentang Penulis

Sumber: