Ngaku Kolektor Wayang, Fadli Zon Gak Ikut-Ikutan Kecam Ustad Khalid: Perbedaan Itu Wajar

Ngaku Kolektor Wayang, Fadli Zon Gak Ikut-Ikutan Kecam Ustad Khalid: Perbedaan Itu Wajar

Fadli Zon-Twitter-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Fadli Zon ikut merespon kontroversi ceramah Ustad Khalid Basalamah soal Wayang. 

Fadli Zon merupakan kolektor Wayang terbanyak di Indonesia. Dia mengatakan bahwa Wayang adalah warisan budaya yang luar biasa dan telah diakui dunia. 

"Sebagai Kolektor Wayang Nusantara (terbanyak), saya melihat wayang adalah warisan budaya yang luar biasa dari nenek moyang kita bahkan sudah diakui UNESCO sejak 2003" jelas Fadli Zon, Rabu 16 Februari 2022.

(BACA JUGA:Buya Yahya: Wali Songo Mengislamkan Budaya Wayang dari Cerita-Cerita Syirik Hindu-Budha)

Sebagai kolektor, Fadli Zon tidak ikut mengecam pernyataan Ustad Khalid. Kata dia, klarifikasi dan permohonan maaf Ustad Khalid sudah jelas.

"Bahkan wayang dipakai sarana dakwah oleh Wali Songo. Klarifikasi Ustad Khalid Basalamah sudah jelas. Perbedaan pendapat wajar" kata Fadli Zon. 

Ustad Khalid Basalamah telah mengklarifikasi ceramahnya yang viral tentang wayang. 

Ustad Khalid membantah dalam ceramah tersebut dia mengharamkan wayang. 

(BACA JUGA:Bantah Haramkan Wayang, Ustaz Khalid Basalamah Minta Maaf: Saya Sama Sekali Tidak Punya Niat...)

Ustad Khalid bilang, ceramah yang viral itu dilakukan di Masjid Blok M. Dia membantah mengharamkan wayang dalam ceramah itu. 

Dia berujar bahwa saat itu dia mencoba menjawab salah satu pertanyaan dari jamaahnya yang bertanya soal wayang dalam pandangan Islam. 

"Saya mengatakan alangkah baiknya dan kami sarankan, agar menjadikan Islam sebagai tradisi jangan menjadikan tradisi sebagai Islam. Dan tidak ada kata-kata saya di situ mengharamkan," ujar Ustad Khalid. 

"Pada kesempatan ini, Khalid Basalamah mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya dari hati nurani kami kepada seluruh pihak tidak terkecuali, yang merasa terganggu, tersinggung dengan jawaban kami tersebut," tuturnya. 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Nama

Tentang Penulis

Sumber: