Bayi Kembar Siam Anaya dan Inaya Berhasil Dipisahkan

Bayi Kembar Siam Anaya dan Inaya Berhasil Dipisahkan

Salah satu bayi kembar siam Anaya dan Inaya yang berhasil dipisahkan-dok-radarlombok.co.id

LOMBOK TIMUR, FIN.CO.ID - Bayi kembar siam asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB),  Anaya dan Inaya akhirnya bisa dipisahkan.

Bayi kembar dempet dada tersebut berhasil dipisahkan oleh tim dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Direktur Utama RSUD dr. R Soedjono Selong Muhammad Tantowi Jauhari mengatakan operasi pemisahan berlangsung selama hampir sembilan jam.

(BACA JUGA:Berbadan Satu dan Berkepala Dua, Bayi Kembar Siam Lahir di Palembang)

"Operasi pemisahan berjalan dengan lancar," katanya, Rabu, 16 Februari 2022.

"Setelah kita menunggu lama akhirnya kita berhasil memisahkannya. Kini kita berdoa, semoga kedua anak ini segera sembuh dan bisa beraktivitas layaknya anak-anak lain," tambahnya yang memantau langsung pelaksanaan operasi pemisahan.

Operasi pemisahan Anaya dan Inaya antara lain melibatkan dokter bedah anak, dokter bedah thorax, dokter bedah plastik, dan dokter anak. 

(BACA JUGA:Bayi Kembar Siam Khalisa Meninggal Dunia)

Usai dipisah, kedua bayi itu menjalani proses pemulihan di RSUD dr. Soetomo.

Kadis Kesehatan Lotim Pathurrahman mengatakan operasi pemisahan dimulai sejak pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.00 WIB. 

"Alhamdulillah operasi telah berjalan dengan baik. Dan juga kondisi kedua bayi tersebut sampai sekarang ini juga membaik dan stabil," terangnya.

Meski telah selesai dipisahkan dan menjalani perawatan, namun Pathurrahman belum mengetahui secara pasti sampai kapan Inaya dan Anaya ini akan menjalani masa pemulihan tersebut. 

"Untuk masa pemulihan ini kita sepenuhnya menyerahkan ke tim dokter. Kita sama sekali tidak membatasi waktunya. Namun pastinya semua tahapan paksa operasinya bisa segera mungkin tuntas," harapnya.

Kembar siam dempet dada Inaya dan Anaya adalah anak dari warga Desa Jurit, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahy

Tentang Penulis

Sumber: