Makam Tokoh Sejarah dan Cagar Budaya di Kota Bekasi akan Direnovasi

Makam Tokoh Sejarah dan Cagar Budaya di Kota Bekasi akan Direnovasi

Makam KH Noer Ali di Kota Bekasi menjadi salah satu bangunan yang banyak dikunjungi orang. KH Noer Ali merupakan tokoh nasional yang berjuang melawan penjajah di Kota Bekasi.-istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID-- Makam tokoh sejarah dan cagar budaya di Kota Bekasi akan direnovasi oleh Pemerintah Kota Bekasi.

Ada banyak makam tokoh dan cagar budaya di Kota Bekasi yang dinilai memiliki nilai sejarah yang bisa dieksplorasi sehingga bisa diingat oleh generasi muda.

Pemerintah Kota Bekasi berencana merenovasi bangunan makam dan cagar budaya pada 2023.

(BACA JUGA:Terungkap! Ibu Kota Negara di Kaltim Ternyata Pernah Didoakan Kiai NU 4 Tahun Lalu, Ngak Percaya? Nih Buktinya)

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyampaikan, ada banyak makam tokoh sejarah dan cagar budaya di Kota Bekasi yang mengandung nilai-nilai sejarah yang perlu dieksplorasi dan diingat oleh generasi muda.

“Renovasi makam, tugu, dan monumen ini sebagai wujud dari kecintaan kepada para tokoh yang berjasa bagi bangsa Indonesia, terkhusus mereka yang telah berjuang bagi kota patriot," kata Tri seperti dilansir setda.bekasikota.go.id, Senin 14 Februari 2022.

Tri menambahkan, renovasi itu juga untuk mengenalkan kepada generasi penerus di Kota Bekasi agar merawat kebhinekaan dan identitas kota patriot.

(BACA JUGA:Geger! Pohon Mangga Terdengar Bisa Bernapas Layaknya Manusia, Pertanda Apakah Ini?)

"Jangan sampai melupakan sejarah. Jangan lupakan ucapan Proklamator Kemerdekaan bangsa kita, Soekarno, bangsa yang besar adalah bangsa yang ingat akan perjuangan para pahlawannya,” kata Tri.

Selain itu, Pemerintah Kota Bekasi juga akan merancang museum bersejarah.

Kota Bekasi terkenal dengan julukan kota patriot lantaran pada era penjajahan Kolonial Belanda dan sekutu Jepang, kota patriot mempunyai tokoh pahlawan yang dikomandoi oleh tokoh besar yakni KH Noer Ali.

Tokoh pahlawan yang dijuluki Singa Karawang-Bekasi itu memiliki sumbangsih besar bagi tanah air khususnya Kota Bekasi.

Selain itu, Noer Ali adalah pemrakarsa berdirinya Islamic Center Bekasi yang juga memiliki torehan sejarah tersendiri.

Lanjut  Tri mengatakan, pemerintah perlu membangun museum agar generasi muda dapat mengetahui alur sejarah serta peninggalan dan temuan budaya pada masa lampau.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tri Broto

Tentang Penulis

Sumber: