Nyesek! Ustaz Khalid Basalamah akan Dipolisikan Dalang Se-Banyumas, Ceramahnya Dianggap Menyakitkan

Nyesek! Ustaz Khalid Basalamah akan Dipolisikan Dalang Se-Banyumas, Ceramahnya Dianggap Menyakitkan

Ustaz Khalid Basalamah akan dipolisikan dalang se-Banyumas karena menyebut wayang haram--Tangkapan layar/YouTube Lentera Islam

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ceramah ustadz Khalid Basalamah soal wayang dilarang dalam Islam harus dimusnahkan kini berbuntut panjang.

Pasalnya, Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Wilayah Banyumas Raya akan melapokran ustadz Khalid Basalamah ke Bareskrim Mabes Polri.

Koordinator Pepadi Wilayah Banyumas Raya Bambang Barata Aji di Banyumas pun angkat bicara.

(BACA JUGA:Ssst! Ustadzah Oki Setiana Dewi Ceramah di Medan, Warganet: Ibu-ibu yang Pernah Gampar Suami Silakan Curhat)

"Kalau hanya dinyatakan dilarang (dalam Islam), itu sudah biasa. Tapi dalam anak kalimat berikutnya ada ujaran 'lebih baik dimusnahkan', ini sangat menyakitkan kami," ujarnya, dikutip dari Antara.

Kabarnya, pihaknya kini telah berkoordinasi dengan Ketua Pepadi Provinsi Jawa Tengah dan Ketua Pepadi Kabupaten Banyumas serta para pelaku seni pewayangan di Kabupaten Banyumas untuk mengambil sikap atas pernyataan ustadz Khalid Basalamah tersebut.

Dalam hal ini, kata dia, ujaran pengharaman produk seni budaya wayang oleh Khalid Basalamah merupakan wacana yang sangat merugikan dan berbahaya.

(BACA JUGA:Bela Airlangga jadi Capres, Aburizal Bakrie Ancam Penganggu: Akan Berhadapan dengan Saya!)

"Lebih jauh lagi, dapat dimaknai sebagai upaya memperkeruh kehidupan bermasyarakat, bahkan mengarah pada upaya disintegrasi bangsa," katanya.

Ia mengatakan ujaran atau pernyataan Khalid Basalamah dapat mengarah pada upaya disintegrasi bangsa karena wayang merupakan produk seni budaya yang ditemukan pada berbagai kelompok etnik di nusantara dengan berbagai ekspresi, mulai dari wayang purwa, wayang orang, wayang golek, wayang wali, wayang wahyu, wayang beber, dan sebagainya.

Selain itu, kata dia, wayang merupakan produk seni budaya yang mengalir dari zaman ke zaman dengan berbagai adaptasi dan pengkayaan, sehingga tidak hanya ekspresi seninya juga kandungan filsafat atau moral dan etik masyarakat yang terus maju ke depan.

(BACA JUGA:Bantah Anti Islam, Sekjen PDIP: Kalau Bung Karno Tidak Dilengserkan, Palestina Sudah Merdeka)

Bahkan, lanjut dia, Wali Sanga dalam menyebarkan agama Islam di Nusantara khususnya Jawa juga menggunakan wayang sebagai media dakwah.

"Apa yang diharamkan oleh saudara Khalid basalamah ini menepis produk pengislaman masyarakat Nusantara oleh para aulia. Hal ini tentu berbahaya bila ditafsirkan bahwa para wali melaksanakan hal-hal yang haram dalam penyebaran agama Islam," kata Bambang yang juga Ketua Yayasan Dhalang Nawan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Aulia Nur

Tentang Penulis

Sumber: