WiFi 6E Bergulir 2022, Apa Kelebihannya dari WiFi 6?

WiFi 6E Bergulir 2022, Apa Kelebihannya dari WiFi 6?

Router WiFI 6E, Image oleh Юрий Коврижных dari Pixabay--

JAKARTA - Penggunaan router WiFi 6 belum juga merata di seluruh dunia, kini muncul lagi upgrade-nya, sebuah teknologi yang mampu meningkatkan koneksi menjadi spektrum 6GHz.

Kini muncul teknologi WiFi 6E. Pada tahun 2022 ini WiFi 6E diprediksi sudah akan bergulir ke banyak negara di dunia.

Jika harga yang dipatok produsen akan router WiFi 6, adalah mulai dari 700 ribua hingga yang 5 juta ke atas, router WiFI 6E mungkin akan sedikit lebih tinggi.

(BACA JUGA:Cara Menyulap TV Jadul Jadi Smart TV)

Beberapa produsen sudah mengeluarkan model router Wi-Fi 6E mereka. Netgear, Orbi, Linksys, dan Asus adalah beberapa produsen yang dimaksud.

Namun pertanyaannya, apa sih yang ditawarkan Wi-Fi 6E dan membuatnya beda dengan WiFI 6?

Well, menurut TechRadar, teknologi yang mendasari Wi-Fi 6E tidaklah jauh berbeda dengan WiFi 6 yang sudah ada kini.

Namun dengan menggunakan spektrum radio 6GHz ke sinyal Wi-Fi, berarti akan ada lebih banyak saluran koneksi yang tersedia untuk digunakan perangkat pada kecepatan Wi-Fi 6.

Dengan Wi-Fi 6E ini, kecepatan dan kelancaran koneksi akan jauh lebih baik, memangkas masalah speed yang down, atau koneksi yang kerap terputus.

Wi-Fi 6E juga memungkinkan perangkat yang terhubung ke router memiliki lebih banyak bandwidth untuk digunakan, memaksimalkan kecepatan yang ditawarkan.

Secara teori, router Wi-Fi 6E mampu menghadirkan empat kali lipat lebih banyak saluran untuk digunakan, selain lebih cepat dan stabil.

Adapun kecepatan internet yang didukung oleh router Wi-Fi 6E ini adalah lebih dari 1Gbps.

Perlukah Anda Mematikan Router WiFI

WiFi router adalah perangkat elektronik paling umum di masa modern ini. Tanpanya, Anda akan kesulitan untuk menjalankan keseharian Anda, terlebih jika banyak perangkat pintar di dalam rumah.

Namun yang jadi pertanyaan, perlukah Anda membiarkan router WiFi Anda menyala seharian, atau haruskah Anda mematikannya sesekali?

Jawabnya menurut Gizbuyer Guide adalah bahwa router WiFi sudah didesain untuk dibiarkan dalam keadaan menyala.

Akan tetapi, mematikannya setiap beberapa bulan, dapat membantu masalah konektivitas dan performa speed internet Anda. Jika mematikannya sesekali, tidak terlalu sering, mungkin tidak akan berdampak buruk terhadap perangkat Anda.

Namun terlalu sering melakukannya tidaklah dianjurkan. Terlalu sering mematikan dan menyalakan router WiFi menurut beberapa kasus, dapat memperpendek usia router itu sendiri.
 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: