News

Prediksi Cuaca BMKG, Kamis 10 Februari 2022: 26 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

fin.co.id - 10/02/2022, 06:58 WIB

Ilustrasi hujan.

JAKARTA, FIN.CO.ID - BMKG memprakirakan cuaca sejumlah wilayah di Indonesia pada Kamis 10 Februari 2022.

Dalam keterangannya, BMKG memprediksi 26 wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang.

26 wilayah yang dimaksud di antaranya, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara.

Untuk itu, BMKG mengimbau warga tetap waspada dengan perubahan cuaca yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

(BACA JUGA: Marc Marquez 'Pamer' Keindahan Mandalika, Netizen +62 Malah Gagal Fokus)

Dikutip dari web.meteo.bmkg.go.id, Kamis 10 Februari 2022, Deputi Bidang Meteorologi menyampaikan adanya Bibit Siklon Tropis 93S terpantau di Samudera Hindia selatan Banten yang menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet) di sekitar sistem tersebut.

Potensi sistem untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori sedang yang bergerak ke arah selatan barat daya menjauhi wilayah Indonesia.

Pusat Tekanan Rendah terpantau di perairan barat Australia yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Australia bagian barat.

Sementara Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia barat daya Banten dan di Australia bagian utara yang membentuk daerah konvergensi yang terpantau memanjang di Samudra Hindia barat daya Banten dan dari Laut Timor hingga Laut Arafuru.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan timur Semenanjung Malaysia hingga Riau, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dari Laut Jawa bagian timur hingga Selat Makassar bagian selatan, dari Laut Flores hingga Laut Banda, 

Kemudian Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga NTT, dari Laut Sulawesi hingga Selat Makassar bagian utara, di Halmahera, di Papua, dan dari Laut Aru hingga Laut Arafuru selatan Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis/pusat tekanan rendah/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

(BACA JUGA: Bangganya Erick Thohir, Para Rider Dunia 'Pamer' Keindahan Alam Mandalika)

Berikut Daftar wilayah yang Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem Kamis 10 Februari 2022:

- Aceh

Admin
Penulis
-->