Bolehkah Minum soda jika Punya Asam Urat?

Bolehkah Minum soda jika Punya Asam Urat?

Bolehkah Minum Soda jika Punya Asam Urat? Image oleh cnick dari Pixabay--

JAKARTA - Bolehkah minum soda jika punya asam urat? Salah satu pertanyaan yang kerap dilontarkan penderitanya.

Well, jika punya penyakit asam urat artinya Anda harus pintar-pintar memilah jenis makanan untuk dikonsumsi harian.
 
Namun tidak hanya makanan tinggi akan kandungan purin, beberapa minuman pun wajib untuk diperhatikan jika Anda punya asam urat.

(BACA JUGA:Bolehkah Makan Jeroan jika Punya Asam Urat?)

Jadi bolehkah minum soda jika punya asam urat?

Menurut Healthline, minuman dengan kandungan gula, seperti soda dan jus buah, adalah beberapa minuman yang harus diwaspadai penderita asam urat.

Seperti halnya soda dan jus buah, minuman beralkohol juga juga tidak baik untuk penderita asam urat.

Namun perlu juga dicatat, ketika diet sehat saja tidak cukup untuk mengatasi asam urat Anda, maka konsumsi obat tertentu sangat dianjurkan.

Konsultasi dengan dokter terkait medikasi yang paling cocok dengan Anda, sangat dianjurkan untuk mengontrol asam urat.

Jadi bolehkah minum soda jika punya asam urat? Sekarang Anda suda tau buakn!

Minuman yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Air putih tentunya tak terbantahkan. Minum air putih 8 hingga 16 cangkir sehari adalah yang dianjurkan jika punya asam urat.

Intinya, dalam satu hari, pastikan setengah dari apa yang Anda minum itu, adalah air putih, sisanya bisa yang lain, kecuali yang tidak dianjurkan.

Jus jeruk sebenarnya cukup dianjurkan untuk diminum penderita asam urat. Kandungan vitamin C yang ditawarkan jeruk, dapat membantu memangkas uric acid, penyebab asam urat.

Minum jus jeruk diperbolehkan asal dalam jumlah yang moderat. Terlalu banyak minum jus jeruk, kandungan fruktosanya akan berimbas terhadap asam urat.

Minum kopi juga tidak dilarang, Sama seperti vitamin C, kafein pada kopi dapat membantu pangkas uric acid, selama tidak kebanyakan diminum.

Jangan Biarkan Asam Urat tanpa Perawatan

Asam urat adalah radang sendi, dengan ciri seperti nyeri tak tertahankan, diikuti dengan pembengkakan di sekitar sendi yang terdampak.

Jika dibiarkan, asam urat  dapat menyebakan masalah kesehatan yang lebih serius.  Kondisi yang dimaksud, seperti dilansir Healthline, adalah asam urat tingkat lanjut, yang dapat menyebabkan
penumpukan kristal di bawah kulit.  

Kondisi ini dapat terjadi di jemari tangan, lengan, kaki, siku dan tendon, selain juga bagian belakang engkel kaki Anda.  

Meski pada tahapan ini serangan asam urat bisa saja terlalu menyakitkan, namun pembengkakan di area yang terdampak, sulit untuk tidak menarik perhatian orang di sekitar Anda.  

Tidak hanya itu, asam urat yang dibiarkan tanpa perawatan, juga dapat meningkatkan risiko penderitanya, terkena batu ginjal, ditandai dengan nyeri saat buang air kecil, dan air seni yang bercampur darah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: