Pembalap - Oficial MotoGP Mandalika Tak Wajib Karantina, Indonesia 'Ngeper' Diancam CEO Dorna Sports?

Pembalap - Oficial MotoGP Mandalika Tak Wajib Karantina, Indonesia 'Ngeper' Diancam CEO Dorna Sports?

Satgas COVID-19 telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 5 Tahun 2022 -Satgas COVID-19-Satgas COVID-19

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pada 11-13 Februari 2022, tes resmi pramusim MotoGP 2022 akan berlangsung di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).  

Para pembalap dan ofisial MotoGP 2022 yang berlaga di Sirkuit Mandalika tidak diwajibkan menjalani karantina terpusat.

Terkait hal ini, Satgas COVID-19 telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 5 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Sistem Bubble pada Kegiatan MotoGP 2022 di Mandalika dalam Masa Pandemi COVID-19.

(BACA JUGA:Begini Aturan MotoGP Mandalika 2022 untuk Penonton, Crew ataupun Pembalap yang Akan Berlaga)

SE ini diterbitkan pada 3 Februari 2022. Seperti diketahui MotoGP Indonesia di Mandalika adalah seri kedua. Balapan dijadwalkan berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

"Kenapa tidak wajib karantina terpusat, karena sudah berada pada skema perlindungan travel bubble. Kalau sudah karantina bubble , artinya karantina terpusat tidak dikerjakan. Karena tumpang tindih," ujar Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19 Alexander K Ginting di Jakarta, Minggu (6/2/2022).

Menurutnya, pembalap dan ofisial berada pada skema perlindungan travel bubble yang memungkinan pelaku perjalanan terlindungi dari risiko penularan COVID-19.

(BACA JUGA:MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika Pakai Sistem Bubble, Begini Tata Cara Pembalap, Ofisial Hingga Penonton )

"Bubble kan ada dalam karantina yang gelembungnya bergerak. Tetapi tidak boleh pecah. Sehingga setiap bubble akan konsisten dalam bubble-nya masing masing tanpa menjadi pecah," imbuhnya.

Dalam aturan itu disebutkan sejumlah ketentuan, di antaranya pelaku sistem bubble MotoGP 2022 di Mandalika yang terdaftar secara resmi sebagai pembalap dan ofisial memasuki kawasan bubble MotoGP 2022 di Mandalika melalui pintu masuk kedatangan internasional Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid.

Selama berada di kawasan sistem bubble MotoGP 2022 di Mandalika, peserta hanya diperkenankan melakukan interaksi dengan orang yang berada dalam satu kelompok bubble.

(BACA JUGA:Rider MotoGP Segera Geber Tunggangnya di Sirkuit Mandalika, Catat Jadwal Test-nya)

Kemudian melakukan kegiatan di zona yang telah ditentukan pada setiap fasilitas atau sarana prasarana dalam kawasan bubble di Mandalika. 

Selain itu, menjalani pemeriksaan tes cepat antigen secara rutin setiap hari dan melaporkan kepada petugas kesehatan dalam kawasan sistem bubble ketika mengalami gejala yang berkaitan dengan COVID-19 untuk dilakukan pemeriksaan RT-PCR.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Huse

Tentang Penulis

Sumber: