Pemerintah Siapkan 20 Juta Obat Covid-19, Buat Siapa Saja?

Pemerintah Siapkan 20 Juta Obat Covid-19, Buat Siapa Saja?

Ilustrasi - Obat-obatan-dok-halodoc.com

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pemerintah menyatakan telah menyiapkan beberapa jenis obat-obatan untuk perawatan pasien Covid-19 di tengah merebaknya varian Omicron.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, terdapat 2 obat anti virus yang disiapkan pemerintah yang mengacu pada saran 5 organisasi profesi kedokteran.

“Obat-obatan, antivirusnya kita sudah siapkan lebih dari 20 juta dosis Favipiravir atau Avigan dan Molnupiravir, dua obat itu yang disetujui oleh organisasi profesi,” kata Budi dalam konferensi pers virtual, Selasa 1 Februari 2022.

(BACA JUGA:60 Pegawainya Positif Covid, Risma Kasih Syarat Untuk Bisa Masuk Kantor)

Budi menjelaskan, bahwa obat antivirus tersebut ditujukan kepada pasien COVID-19, termasuk Omicron yang mengalami gejala baik ringan, sedang, hingga berat. 

Untuk pasien Omicron tanpa gejala cukup dengan vitamin.

“Kalau (pasien) dengan gejala, kita siapkan lebih dari 20 juta dosis antivirus ini harus dengan resep, bisa dilakukan dengan dokter, di apotek, atau telemedicine, dan yang sudah disetujui oleh organisasi profesi adalah Favipiravir atau Avigan dan Molnupiravir,” jelasnya.

Budi menegaskan, jika ketersediaan stok obat dipastikan cukup sehingga masyarakat tidak perlu cemas.

"Tidak usah khawatir karena jumlahnya cukup banyak," ujarnya. 

"Kami harapkan mudah-mudahan dengan upaya yang sudah kita lakukan, kita waspada, tetap hati-hati, batasi mobilitas, jangan terlalu agresif bergerak ke mana-mana," tuturnya.

Berdasarkan data GISAID yang diakses 31 Januari 2022 pukul 16.40 WIB, jumlah konfirmasi varian Omicron di Indonesia mencapai 2.507 kasus. 

Angka ini mengalami penambahan 89,9 persen selama 4 minggu terakhir.

(BACA JUGA:WHO: Pandemi Covid-19 Kemungkinan Berakhir Tahun Ini)

Untuk Diketahui, favipiravir dengan merek dagang Avigan telah tersedia. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Derry Suta

Tentang Penulis

Sumber: