Sony PlayStation Umumkan Rencana Akuisisi Developer Halo

Sony PlayStation Umumkan Rencana Akuisisi Developer Halo

Halo Infinite, Image Credit: Bungie--

JAKARTA - Sony PlayStation umumkan rencana akuisisi developer Halo, Bungie, dengan nilai masif. Seperti dilansir TechRadar, PlayStation rela menggelontorkan 3,6 miliar dolar, untuk mendapatkan eksklusifitas developer game AS itu.

Jika dirupiahkan, angka itu mencapai 53 triliun, sebuah jumlah yang bukan main, untuk mengakuisisi satu perusahaan game.

Bungie sendiri bukan nama baru. Developer ini yang bertanggungjawab atas kesuksesan Xbox dengan seri Halo yang kenamaan itu.

(BACA JUGA:Harga PS5 saat Ini, Sudah Turun Belum?)

Gak cuma terkenal sebagai developer Halo, Bungie juga famous dengan judul lain seperti Destiny, yang dalam waktu dekat ini bakal merilis expansion Destiny 2,  selain juga seri Myth dan beberapa lainnya.

Dan menurut perkembangannya, Bungie sepertinya bukan satu-satunya developer game yang bakal di beli Sony dalam waktu dekat ini.

"Kami masih punya banyak 'manuver' untuk yang ingin kami kerjakan," kata CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan pada GameIndustryBiz, via TechRadar.

Langkah ini sendiri diyakini sebagai jawaban Sony terhadap rencana akuisisi Microsoft Xbox atas Activision Blizzard, yang ramai diberitakan belum lama ini.

 

(BACA JUGA:Valve Siap Kirim Steam Deck Batch Pertama, Ini Tanggalnya)

XBOX BELI ACTIVISION BLIZZARD

Sebelumnya, sebuah kabar menggemparkan datang dari dunia game. Activision Blizzard dikabarkan bakal diakuisisi oleh Microsoft dengan nilai super fantastis, kini sudah terealisasi.

Jika dalam dolar kesepakatan itu ada di 68,7 miliar, nilai itu menjadi 985 triliun jika dikonversi dalam kurs rupiah.

Sebelumnya, bos Xbox Phil Spencer mengumumkan kabar ini lewat blog resmi di Xbox Wire yang menyatakan:

"(Dalam upaya memperluas komunitas gaming dan kegembiraan yang ditawarkannya) Microsoft dengan senang hati mengumumkan bahwa kami memutuskan untuk mengakuisisi Activision Blizzard".

Berkat akuisisi ini, Xbox bahkan disebut punya potensi melewati revenue Nintendo, meski masih akan sedikit tertinggal dari rival abadinya, PlayStation.

Namun pertanyaannya, adakah dampak yang lain yang akan dipicu oleh akuisisi ini, jika hal itu benar-benar terwujud.

Sebelumnya juga, sempat ditakutkan bahwa franchise Call of Duty, Overwatch dan lainnya berpotensi jadi judul eksklusif bagi Tim Hijau. Namun kabar ini sudah dibantah Microsoft dalam sebuah pernyataan resmi.

(BACA JUGA:Fitur Tersembunyi PS5 yang Tidak Anda Sadari)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: